Print this page

Mahasiswa Tuntut Rano Produktif

Mahasiswa Tuntut Rano Produktif

detakserang.comBANTEN - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) menggelar aksi unjuk rasa dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke-14 Provinsi Banten. Aksi itu digelar di depan Pendopo ex Gubernur Banten, jalan KH Brigjen Syamun Kota Serang Banten, Jumat (3/10).

Dalam aksi, mahasiswa menuntut agar Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten Rano Karno membuat program jangka panjang yang produktif. Program itu terkait penangulangan kemiskinan di semua daerah di Banten. Bahkan, mereka menuntut perbaikan insftraktur jalan, pendidikan, dan kesehatan yang merata.

"Sampai saat ini terjadi kesenjangan dari berbagai kondisi. Hal ini harus menjadi pekerjaan rumah (PR) Rano Karno. Untuk itu, Rano harus melakukan gebrakan yang hebat. Jika sudah tidak mampu, mundur saja," ujar koordinator aksi Muhammad Ibrahim kepada wartawan.

Mahasiswa juga menilai, selama Rano menjabat sebagai Wakil Gubernur sampai menjabat sebagai Plt Gubernur Banten masih dinilai belum bisa menghilangkan stigma Banten terkenal dengan dunia pendidikan yang buruk. Di samping itu, kemiskinan dan insfraturktur jalan masih banyakyang rusak.

"Rano Karno harus berperan besar dalam masalah kesenjangan sosial dan pendidikan di Banten. Jangan sampai sama dengan gubernur sebelumnya (Ratu Atut Chosiyah, red)," kata Ibrahim.

Mahasiswa sambil membawa spanduk dan foto yang menggambarkan dunia pendidikan dan kesehatan di Provinsi Banten sangat ironis. Usai orasi, ratusan mahasiswa membubarkan diri tertib dengan dikawal petugas kepolisian