Inovasi Informasi Balitbang Cikal Bakal Smart City

Inovasi Informasi Balitbang Cikal Bakal Smart City

detakserang.com- BANTEN, Penggagasan Balitbangda Provinsi Banten dalam inovasi infomasi dapat memacu kalangan muda agar biasa melakukan pengembangan inovasi kreatif melalui IT. Kementerian Riset dan Teknologi sangat menyambut baik gagasan Balitbangda Banten menerapkan inovasi teknologi informasi kepada para pelaku usaha pedesaan.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Perancangan Jaringan, Penyedia, dan Penguna Iptek Dadan Nugraha, Jumat (15/8).

Ia menjelaskan, inovasi kreatif yang biasa dijalankan para kawula muda adalah komoditas-komoditas pengembang sofware. Apa yang dikembangkan Kepala Balitbang Banten Ali akan menjadi inovasi kreatif muda. Bahkan, akan bisa berkembang.

"Hal ini sebagai cikal bakal Banten menjadikan smart city, khususnya Kota Serang," ujarnya. "Smart city ialah bagaimana semua infrastruktur, khususnya IT dikembangkan agar mempermudah semua pelayanan infomasi, seperti pelayanan restoran, rumah makan, dan cafe dengan mengunakan IT. Itu bisa mempermudah informasi yang dibutuhkan masyarakat. Jadi hal yang dilakukan Balitbangda bisa mengarah untuk menjadi cikal bakal ke arah tersebut meski balitbangda tetap berfokus ke pengusaha pedesaan."

Ia menilai, inovasi informasi yang dicetuskan Balitbangda Banten merupakan salah satu langkah mengiring inovasi-inovasi baru. Di samping itu, Kemendistek juga mendorong pemerintah daerah untuk membangun sain inovasi park yaitu tempat inovasi informasi yang dikembangkan untuk mendukung perekonomian.

Go to top