Rano Ajukan Diri Jadi Jurkam Jokowi

Rano Ajukan Diri Jadi Jurkam Jokowi

detakserang.com- BANTEN,Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Banten, Rano Karno telah menawarkan diri ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan sebagai juru kampanye nasional (Jurkamnas) untuk memenangkan pasangan Calon Presiden (Capres) Jokowi dan wakilnya Jusuf Kalla (JK). Jum'at (30/5)

"Rapim (rapat pimpinan) DPP PDI Perjuangan beberapa waktu lalu saya sudah saya meminta ke partai untuk menjadi Jurkmanas," katanya Rano.

Rano menjelaskan, dirinya sudah menyatakan kesiapannya sebagai kader partai untuk menjadi juru kampanye. Dia menjelaskan, permintaan dirinya untuk dilibatkan dalam kampanye memenangkan capres Jokowi merupakan keinginan sendiri, tanpa ada desakan atau permintaan dari pengurus DPP yang menghantarkan sebagai Plt Gubernur Banten, "Saya punya strategi nanti dalam kampanye, yang terpenting Jokowi harus menang, dan itu adalah tekad saya sebagai kader partai," ungkapnya.

Sejauh ini Rano mengaku belum mengetahui apakah dirinya akan ditempatkan diwilayah Indonesia bagian barat, tengah atau timur, "Saya sih inginya jadwal dan tempat kampanye saya disesuaikan dengan kegiatan dan tugas saya sebagai Plt Gubernur Banten," ujarnya.

Rano mengaku keinginan jadwal yang tidak menganggu tugas-tugasnya sebagai Plt telah disampaikan langsung kepada Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri, pada saat rapat pimpinan (rapim) DPP PDI Perjuangan di Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

"Itu juga telah saya laporakan ke Ibu Ketua Umum PDI Perjuangan beberapa waktu lalu, seklaigus menyampaikan bahwa saya sudah resmi ditunjuk sebagai Plt Gubernur Banten," ujarnya.

Rano berharap jadwal kampanye nasional dilakukan diluar jam kerja, sehingga tidak menganggu pelayanan kepada masyarakat dan tidak perlu melakukan proses izin cuti kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

"Kalau kampanye hari libur, Sabtu dan Minggu maka tidak perlu lagi izin ke Mendagri," ujarnya.

Terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten, Agus Supriyatna mengatakan, tahapan dan jadwal Pemilihan Presiden (Pilpres) sudah berjalan. Namun belum memasuki kepada penyerahan daftar nama juru kampanye dari partai.

"Tahapan Pilpres masih perbaikan data pemilih sementara, dan kalau untuk kampanye, nanti setelah ada penetapan secara resmi Capres dan wakilnya di KPU pusat,"

Agus menjelaskan, pendaftaran jurkam oleh partai politik yang mendukung salah satu pasangan Capres dan Cawapres akan dilakukan secara berjenjang, "Kalau dia ditunjuk sebagai Jurkamnas, maka daftar itu disampaikan ke KPU pusat di Jakarta, dan kalau jadi jurkam didaerah maka harus didaftarkan ke KPU provinsi atau kabupaten/kota," ungkapnya.

Go to top