Jalan Raya Cikuasa Atas Terancam Amblas

Jalan Raya Cikuasa Atas Terancam Amblas

detakbanten.com- GROGOL, Jalan Raya Tol Cikuasa Atas, Lingkungan Cikuasa, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol terancam amblas. Kondisi tersebut diakibatkan aktivitas galian batu atau galian C di pinggir jalan raya tersebut.

Parahnya lagi, pondasi tanah di bawah jalan terus dikeruk. Padahal jalan tersebut digunakan sebagai jalur lintas utama kendaraan dari Tol Tangerang - Merak menuju Pelabuhan Merak dan Kawasan Industri Suralaya.

Pantauan detakserang.com, Senin (24/3), sejumlah alat berat tengah mengeruk perbukitan dan langsung memuat batuan dengan kendaraan truk.

Sementara itu, jarak ketinggian antara bibir jalan bahu sebelah kiri dan lokasi galian hanya sekitar 20 meter. Dengan kondisi demikian, para sopir kendaraan yang umumnya kendaraan truk ekspedisi bermuatan barang tak menyadari risiko yang bakal terjadi bilamana jalan tersebut amblas.

Yanto, sopir truk yang tengah nongkrong di warung di jalan tersebut tak menyadari bilamana kondisi jalan sudah terancam amblas. Bahkan, beberapa bulan lalu, aktivitas galian batu yang di lokasi tersebut tidak sampai pada bibir jalan.

"Iya Mas, itu mau amblas. Bulan lalu, saya lihat tidak seperti itu. Kalau sekarang hampir amblas. Kan berbahaya buat kita yang sering lewat sini," ujarnya.

Yanto meminta agar Pemerintah Kota Cilegon dapat menindak tegas karena bukan hanya satu tempat saja yang melakukan kegiatan galian batu. Di tempat lain juga melakukan kegiatan yang sama.

Kami ini orang kecil Mas. Kalau dibiarkan saja, risikonya buat kita. Pemerintah tolong beri tindakan tegas ke mereka," tandasnya.

Di tempat terpisah Ketua Jaringan Pemuda dan Mahasiswa Cilegon (JPMC) Azwar Anas mengancam akan melakukan aksi unjuk rasa menyusul jalan negara tersebut nyaria amblas akibat ulah pengusaha yang tidak bertanggung jawab.

"kalau memang sudah ditutup Dinas dan tidak dihiraukan kita akan mengancam melakukan demo karena kami menilai pemerintah tidak tegas," ujarnya. (BTK)

Go to top