Dinkes Cilegon Gelar Rapid Rurel Apprasial

Dinkes Cilegon Dinkes Cilegon

detakbanten.com- CILEGON, Dalam rangka menindaklanjuti kegiatan gerakan penyelamatan ibu dan bayi baru lahir, Dinas Kesehatan (DINKES) Kota Cilegon gelar kegiatan rapid rurel apprasial (RRA). Kegiatan ini biasa di sebut identifikasi potensi organisasi masyarakat sipil (OMS) yang digelar di Aula Sospem Bappeda Cilegon, Kamis (13/3).


Kepala Seksi Pelayanan Dasar Dinkes Kota Cilegon dr Novia Fitriawati mengatakan, kegiatan RRA ini untuk
mengajak para OMS agar peduli terhadap tingginya angka kematian ibu danbayi baru lahir. Untuk itu, diharapkan ada kerja sama antara Dinkes dan OMS dalam kegiatan ini hingga bisa tercipta penurunan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) dengan cepat.


Sementara Ketua GOW Cilegon Armita menjelaskan, kegiatan ini sangat bagus. Di mana kepedulian masyarakat digali. Sehingga masyarakat tidak terlalu bergantung kepada pemerintah (Dinkes, red) dan masyarakat akan lebih berperan besar dalam gerakan tersebut.


Dengan demikian, ia mengatakan, dibutuhkan masyarakat yang benar-benar peduli dan ikhlas. Sehingga akan membuat masyarakat sejahtera. Karena kalu hanya menunggu dari pemerintah atau yang lainnya, maka akan lambat perkembangannya.


Ia menilai, kegiatan ini bagus. Karena dari segala lini masyarakat konsentrasi terhadap keselamatan ibu dan bayi baru lahir. Nilai kepedulian itu teramat tinggi dan konsentrasi tersebut tidak hanya bergerak pada satu sektor.
"Peran masyarakat sangat luar biasa. Kita sangat salut karena bisa duduk bersama untuk membentuk forum masyarakat madani. Insya Allah. Cilegon ke depan lebih baik." pungkas Armita.(spd)

Go to top