Perekonomi Banten Membaik Meningkat 0,84 Persen

Perekonomi Banten Membaik Meningkat 0,84 Persen

detakbanten.com SERANG - Pertumbuhan ekonomi di Banten meningkat 0,84 persen, dan melebihi pertumbuhan ekonomi nasional. Seperti diketahui, pertumbuhan perekonomian di Banten sepanjang tahun 2018, tercatat mencapai 5,89 persen dan melebihi target pertumbuhan nasional yang hanya 5,4 persen.

“Saya kira, ini akibat perbaikan kinerja ekspor serta masih tingginya level konsumsi masyarakat pada sepanjang tahun. Sehingga menjadi motor utama penggerak perekonomian Banten di tahun 2018,” ujar Kepala BI Perwakilan Banten,  Rahmat Hernowo, seusai konferensi pers, dikantornya, Jalan Raya Serang-Pandeglang, Senin(10/12/2018).

Rahmat menjelaskan, bahwa selama tahun 2018 banyak tantangan dalam perekonomian di Banten. Apalagi, Banten lokasinya dekat dengan Jakarta, memiliki potensi besar untuk menopang perekonomian nasional. Banten juga memiliki kawasan industri seluas satu persen dibandingkan luas wilayahnya. 

Tidak lupa, kata Rahmat, Banten juga terdapat Proyek Strategis Nasional (PSN), seperti tol Serang-Panimbang, KEKTanjung Lesung, rencana pembangunan PLTU Suralaya unit 9 dan 10, hingga pembangunan dua waduk besar.

“Posisi geografis yang strategis, basis industri yang besar, kesiapan infrastruktur konektivitas dan energi yang baik, bisa menjadikan Banten sebagai salah satu Provinsi yang memiliki daya saing perekonomian yang tinggi,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu pun, konfres pers BI Perwakilan Banten, turut dihadiri oleh Forkompinda, Kepala OPD, dan Asosiasi Pengusaha, dan Akademisi.

Go to top