Print this page

Gubernur Banten Membuka Diklat Plm Tk.IV Pola Kontribusi Dilingkungan Provinsi Banten

Gubernur Banten Membuka Diklat Plm Tk.IV Pola Kontribusi Dilingkungan Provinsi Banten

detakbanten.com Pandeglang – Gubernur Banten Wahidin Halim membuka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) IV bagi pejabat dilingkungan Pemprov Banten dan Kabupaten/Kota di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDM) Banten, di Karang Tanjung, Kabupaten Pandeglang, Senin, (09/07/2018).

Menurut Gubernur, Diklatpim ini merupakan pendidikan dan pelatihan yang dirancang bagi pejabat pemerintah untuk membentuk dan mengembangkan aparatur menjadi agen perubahan.

Gubernur WH mengatakan, bentuk praktek langsung dalam Diklatpim ini adalah melaksanakan proyek perubahan di instansinya masing-masing, karena proyek perubahan ini dipakai sebagai wahana pembuktian penerapan kompetensi kepemimpinan peserta diklatpim.

“Yang di harapkan dari kegiatan ini melahirkan konsep yang benar benar dapat merubah  organisasi walaupun dalam perubahan yang kecil dan sederhana sekalipunm,” kata Gubernur.

Diklatpim ini, lanjut Gubernur diharapkan tidak hanya menghasilkan alumni yang memiliki kompetensi, tetapi juga mampu menunjukan kinerjanya dalam memimpin perubahan.

“Di Provinsi Banten masalah utama adalah sumber daya manusia, untuk itu diperlukan repormasi birokrasi, karena dengan adanya reformasi birokrasi ini sebagai  salah satu cara meminimalisasi terjadinya tindakan korupsi,” ungkapnya.

“Saya melarang OPD  untuk tidak terlalu banyak melaksanakan kegiatan di hotel, sehingga dapat menghemat anggaran sekitar 60-100 miliar, lantas anggaran tersebut bisa kita gunakan untuk meningkatkan tunjangan kinerja pegawai,” lanjut WH seraya mengatakan Provinsi Banten adalah salah satu Provinsi dengan tunjangan kinerjanya (Tukin) lebih tinggi di bandingkan dengan Provinsi lain.Sementara Kepala BPSDM  Provinsi  Banten  Endarwati mengatakan tujuan penyelenggaraan Diklatpim Tingkat IV adalah membentuk kompetensi kepemimpinan operasional pada pejabat struktural eselon IV yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing.

”Sasaran Diklatpim IV adalah tersedianya 160 orang pejabat eselon IV yang memiliki kapasitas, kapabilitas dan kemampuan membuat perencanaan kegiatan diinstasinya dan memimpin keberhasilan implementasi pelaksanaan kegiatan tersebut sesuai dengan kualifikasi jabatan sederajat eselon IV,” jelas Endra.

Peserta Diklatpim IV Angkatan 91 sampai dengan 94 ini seluruhnya berjumlah 160 (seratus enam puluh) orang, terdiri dari,  Angkatan 91 Berjumlah 40 peserta seluruhnya berasal dari Pemerintah Kota Serang, Angkatan 92 Berjumlah 40 peserta seluruhnya berasal dari Pemerintah Kota Tangerang, Angkatan 93 Berjumlah 40 peserta seluruhnya berasal dari Pemerintah Kabupaten Serang, Angkatan 94 Berjumlah 40 peserta terdiri dari ; Pemerintah Kab Tangerang 20 orang Pemerintah Kab Serang 15 orang, dan Pemerintah Kota Cilegon 6 orang.