Print this page

Kinerja Pejabat Jadi Bahan Rotasi Mutasi Pegawai

Gubernur Banten Wahidin Halim. Gubernur Banten Wahidin Halim. Biro ARTP

Detakbanten.com SERANG – Setelah menetapkan lima pejabat eselon II baru hasil lelang jabatan, Gubernur Wahidin Halim akan kembali melakukan rotasi mutasi pejabat pada level eselon III dan IV.

Proses itu ditargetkan paling cepat selesai dua bulan karena masih dalam tahap evaluasi dan pemetaan kompetensi pejabat. Saat ini orang nomor satu di Banten itu telah menugaskan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banten untuk melakukan verifikasi data pejabat. Terlebih, ada puluhan lebih pegawai pada eselon III dan IV yang telah memasuki masa pensiun.

“Lagi diverfikasi lagi dibikin lanskipnya sama Badan Kepegawaian (Badan Kepegawaian Daerah-red),” kata Gubernur yang akrab disapa WH ini di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B).

Selain mendata, langkah tersebut dilakukan untuk memotret kompetensi atau kemampuan dari masing-masing pejabat. Sebab, WH mengaku akan menempatkan pejabat sesuai dengan kemampuan, kepangkatan dan pengalaman kerja pejabat eselon III dan IV. “Sekarang kita potret, kita lihat, kita bikin catatan pengalaman kerjanya, kompetensi yang dimiliki baru kita tempatkan sesuai,” kata WH.

Ia menargetkan evaluasi dan pemetaan jabatan akan selesai dalam kurun waktu dua bulan. Pria kelahiran 14 Agustus 1954 ini juga meyakini bahwa Komarudin selaku kepala BKD Banten yang baru saja dilantiknya dapat menjalankan tugasnya tepat waktu. “Dua bulan ini kita tugaskan pada yang baru, dan saya yakin (Kepala BKD Banten Komarudin-red) bisa,” ujarnya.

Mantan Wali Kota Tangerang ini menegaskan, tidak segan untuk mengevaluasi apabila OPD tidak bisa menjalankan program yang telah dijadwalkan. 

Menurutnya, semua pekerjaan harus dilaksanakan dengan baik sesuai jadwal yang telah dicanangkan. “Sudah ada kalender kegiatannya. Dari serapan standar berapa, tapi cuma sekian persen kita beri punishment (hukuman). Sekarang sudah ada alat kendali, yaitu jadwal agenda, pembangunan bulan ini, bulan ini, bulan ini ngapain, bulan depan ngapain. Sekarang kan tertib administrasinya,” kata WH.

Sementara, Sekda Banten Ranta Soeharta mengatakan, terkait mutasi dan rotasi pejabat eselon III dan IV belum dibahas secara khusus. Meski begitu, rencana itu harus sudah disiapkan. “Formatnya nanti kita siapkan dan berdasarkan laporan BKD Banten saat ini jabatan eselon III yang kosong itu ada 21, kalau eselon IV ada 31,” kata Ranta.

Menurutnya, Gubernur Banten meminta pejabat yang akan ditempatkan merupakan pegawai profesional. “Mudah-mudahan dapat (profesional) sehingga dapat bekerja sesuai dengan tupoksi (tugas pokok dan fungsi)-nya dan yang terbaik,” ujarnya.