Print this page

Tingatkan Kualitas SDM, Pemkot Terus Galakkan Tangerang Cerdas

Tingatkan Kualitas SDM, Pemkot Terus Galakkan Tangerang Cerdas

detakbanten.com KOTA TANGERANG - Pemerintah kota (Pemkot) Tangerang terus tingkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan membuka akses yang sebesar-besarnya bagi masyarakat untuk mendapat pendidikan yang berkualitas melalui program Tangerang Cerdas. Tentunya hal itu harus adanya kerjasama antara masyarakat, pemerintah dan stakeholder dalam pembangunan pendidikan. 

Seperti diketahui, Pemkot Tangerang telah meluncurkan program Tangerang Cerdas pada pertengahan Agustus beberapa tahun lalu. Program ini bertujuan untuk membuka akses yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Kota Tangerang terutama warga kurang mampu terhadap pendidikan.

Menurut Wali kota Tangerang Arief R. Wismansyah mengatakan, program Tangerang Cerdas yang digulirkan merupakan jaminan kepada seluruh warga untuk bisa bersekolah tanpa masalah biaya. "Untuk menjalankan program Tangerang Cerdas, Pemkot Tangerang telah mengalokasikan anggaran kurang lebih sebesar Rp80 miliar yang bersumber dari APBD Kota Tangerang. Saat ini pemkot Tangerang juga telah mengratiskan 96 sekolah SMP swasta yang ada di kota Tangerang, jadi tidak hanya sekolah negeri saja yang gratis," ujarnya.

20170824 132335

Sementara Kepala Bidang Pendidikan SMP pada Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaludin menambahkan, pemberian dana bantuan dari Pemkot Tangerang kepada penerima program Tangerang Cerdas, dilakukan melalui sekolah masing - masing mulai dari tingkat sekolah dasar (SD) sampai sekolah menengah pertama (SMP).

Dana yang diberikan dalam program tangerang cerdas di setiap tingkatan yakni untuk SD Rp. 100 ribu per bulan, SMP Rp. 150 ribu per bulan. Nantinya, setiap siswa yang masuk dalam program tangerang cerdas akan diberikan sebuah kartu Tangerang Cerdas (KTC) untuk tanda pengenalnya.

Menurutnya, meskipun saat ini pemerintah pusat mengeluarkan Permen 17 terkait zonasi PPDB 2017, pemerintah kota Tangerang tetap memberikan solusi untuk warga kota Tangerang agar tetap bisa bersekolah di sekolah swasta dengan gratis. "Karena sekarang ada beberapa sekolah SMP swasta gratis," tandasnya.

Seperti diketahui Pemkot Tangerang telah memberikan beasiswa untuk tingkat SD dari 2014 sampai dengan 2017 sebanyak Rp 74.885 siswa,tingkat SMP sebanyak 8.124 siwa. Sedangkan untuk pembangunan 1.000 ruang kelas baru. Untuk SD sampai 2018 sudah sebanyak 581 ruang, SMP sebanyak 372 ruang serta memberikan SPP gratis untuk 96 SMP swasta. (Advertorial)