Pemerintah Kota Tangerang Ikut Meramaikan Trade Expo Indonesia 2019

Pemerintah Kota Tangerang Ikut Meramaikan Trade Expo Indonesia 2019

detakbanten.com KOTA TANGERANG - Trade Expo Indonesia (TEI) adalah Pameran Produk ekspor Indonesia bertaraf internasional. Dengan focus B to B. TEI 2019 tahun 2019 mengusung tema “Moving Forward To Serve The World”.

Kegiatan TEI tersebut bertujuan untuk mempromosikan produk berkualitas hasil produksi Indonesia ke pasar global. Selain itu bertujuan untuk  mengembangkan jejaring bisnis dan investasi serta menyajikan showcase produk-produk unggulan dan terbaik Indonesia. Dalam rangkaian kegiatan TEI tersebut dilakukan Trade tourism dan Investment forum, Business Matching, Klinik Bisnis, Diskusi Regional, Misi Dagang Mancanegara dan Lokal, Export Star-up Competition dan Talkshow.

Untuk ke-34 kalinya, Indonesia sudah melaksankan Trade Expo (TEI), sementara untuk tahun ini digelar pada 16-20 Oktober 2019 di Convention Exhibition (ICE) BSD City Kabupaten Tangerang. Sebagai representasi potensi dan prestasi aneka ragam produk ekspor Indonesia dan dibuka oleh  Wakil Presiden RI, Yusuf Kalla, Rabu (16/10/2019).

IMG 20191023 WA0002

Pada Trade Expo Indonesia 2019, Kota Tangerang ikut berpatisipasi sebagai Peserta Pameran, dengan memberikan kesempatan dan fasilitas stand kepada 6 IKM hasil binaan Dinas Perindag Kota Tangerang. Tujuan dari keikutsertaan dalam Trade Expo Indonesia ini adalah untuk mempromosikan produk-produk unggulan Kota Tangerang dan untuk memberikan peluang investasi kepada calon  buyer domestic maupun mancanegara.

Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan menempati lokasi stand di Hall 2 No. 51 dengan membawa 6 IKM, yaitu IKM Fashion batik Kembang mayang dari Kecanatan Larangan, IKM Boneka Rajut dari Kecamatan Cipondoh, IKM Eceng Gondok dari Kecamatan Pinang, IKM Tas dari Kecamatan Karang Tengah, IKM Makanan Olahan Bandeng dari Kecanatan Benda dan IKM Makanan Snack dari Kecamatan Neglasari. Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari.

" Pelaksanaan Trade Expo Indonesia 2019, stand Dinas Perindag banyak dikunjungi oleh masyarakat maupun buyer dari negara sahabat. Pada kesempatan itu pula Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah berkenan untuk singgah dan memberi arahan agar pelaksanaan Trade Expo Indonesia 2019 ke depan menjadi lebih baik".

IMG 20191023 WA0003

Ia juga memerintahkan kepada Dinas Perindag dan Dinas Koperasi UMKM agar memfasilitasi kepada IKM dan UKM di Kota Tangerang. Tujuan untuk berkunjung ke Trade Expo Indonesia, adalah untuk belajar cara mengemas dan memajang produknya sehingga lebih menarik konsumen untuk membeli. Selain itu, para IKM dan UKM diundang untuk mengikuti forum Misi Dagang antar Daerah yang diselenggarakan Dinas Perindag Provinsi Jawa Timur selama 1 hari.
Produk-produk yang ditampilkan di stand Perindag Kota Tangerang berpotensi untuk ekspor, khususnya produk IKM Makanan Snack dan IKM Boneka rajutan.  Hal ini dapat dilihat adanya komunikasi dagang dengan buyer yang berencana memesan produk snack sebanyak 2 Kontainer ke Malaysia dan 200 boneka rajut. Nilai Omset yang didapat pada Stand Dinas Perindag melalui transaksi langsung mencapai Rp. 40.000.000,diluar pesanan dari buyer tersebut.

Go to top