Print this page

Sesuai RPJMD Bupati 2023, PDAM TKR Optimistis Capai Target 60 % Cakupan Pelayanan

Sesuai RPJMD Bupati 2023, PDAM TKR Optimistis Capai Target 60 % Cakupan Pelayanan

Detakbanten.com TANGERANG - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang, kini berusia 43 tahun. Usia 43 tahun ini, bukan usia muda lagi bagi perusahaan yang fokus memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat.

Berbagai prestasi terus diraih oleh perusahaan plat merah milik Pemkab Tangerang ini, baik dari tingkat Perovinsi Banten maupun nasional seperti pengelolaan keuangan keuangan nomor dua se Indonesia.

Pada usia yang ke-43 ini PDAM TKR masih memiliki semangat membangun, untuk terus membaikin pelayanan terbaik bagi masyarakat di wilayah Tangerang Raya pada umumnya dan Kabupaten Tangerang khususnya.

PDAM TKR Kabupaten Tangerang memiliki slogan “Mengabdi dan Melayani” ini buka hanya selogan semata saja, namun dibuktikan dengan berbagai prestasi dan terus melakukan pengembangan untuk mencapai target RPJMD Bupati Tangerang Tahun 2023.

Bahkan, perusahaan plat merah milik tersebut optimis target 60 persen cakupan pelayanan bagi warga Kabupaten Tangerang sebanyak 270.000 pelanggan tercapai hingga tahun 2023.

"Saat ini sudah 144.000 pelanggan dan terus berupaya membuka jaringan yang baru pada tiga kawasan," ujar Direktur Utama PDAM TKR, Rusdy Machmud kepada wartawan usai prosesi HUT PDAM TKR Ke-43, Jum'at (12/04/2019).

Menurut Rusdy, target utama pelanggan baru yakni di Kecamatan Curug, kawasan Binong dan Kecamatan Legok yang selama ini belum mendapatkan aliran air bersih.

Namun sambung Rusdy, pelanggan air bersih yang disalurkan PDAM TKR dominan berada di wilayah Kota Tangerang.

“Selama ini warga setempat hanya mengandalkan air tanah, lalu membuat sumur pompa atau dengan cara bor yang dalam mencapai 20 meter,” ucapnya.

Rusdy menambahkan, Pemkab Tangerang sudah menargetkan cakupan pelayanan agar terealisir meski dilakukan secara bertahap, hingga mencapai 60 persen dari total jumlah penduduk.

Target pelanggan lainnya kata Rusdy, adalah di kawasan pesisir seperti di Teluknaga dan Kosambi, Pakuhaji dan untuk wilayah tengah terfokus di Kecamatan Curug, Kelapa Dua, Legok dan Pagedangan karena warga setempat untuk memenuhi kebutuhan air bersih dengan cara membeli dari pedagang mengunakan gerobak dorong.

"Kami sudah menambah pemasangan pipa ke rumah penduduk di Desa Bojong Renged, Teluknaga dan di Desa Salembaran Baru, Kecamatan Kosambi," katanya.

Saat ini PDAM TKR mengalami pertumbuhan laba mencapai Rp90 miliar dan disetorkan sebesar Rp24 milyar ke Pemkab Tangerang.

Dalam rangkaian HUT PDAM Ke-43 tersebut, digelar berbagai lomba untuk intern pegawai seperti lomba senam, catur, futsal, tenis meja, tenis lantai, bola voli dan masih banyak lagi.

Untuk rangkaian kepada masyarakat pihakanya juga akan mengadakan santunan anak yatim dan siraman rohani yang dipimpin ulama ternama.

“Hari ini kita hanya merayakan bersama pegawai PDAM TKR dengan menggelar berbagai perlombaan dan selanjutkan kita akan menggelar santunan anak yatim sebagai bentuk CSR kami kepada masyarakat,” pungkasnya.(ADV)