Print this page

Meriahnya Festival Budaya Nusantara Ke-2 Kota Tangerang, Diikuti 19 Kabupaten/Kota

Meriahnya Festival Budaya Nusantara Ke-2 Kota Tangerang, Diikuti 19 Kabupaten/Kota

detakbanten.com Kota Tangerang - Ajang festival Budaya Nusantara ke-2 Kota Tangerang tahun 2018 berlangsung meriah. festival yang di gelar selama lima hari, mulai dari tanggal 11 hingga 15 november tersebut menampilkan berbagai ragam kesenian dan budaya nusantara yang ada di kota tangerang.

Banyak peserta dari luar kota tangerang ikut serta meramaikan, seperti peserta dari Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Cilegon Etnic Carnival, Serang Fashion Batik Carnival, Komunitas Penjahit Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang serta peserta dari luar provinsi banten yaitu Makassar Fashion Carnival hasil kreasi dari Dinas Perindustrian Provinsi Sulawesi Selatan dan kediri jawa timur.

Pembukaan festival di isi dengan parade pakaian adat dari seluruh SKPD di lingkup Pemerintah Kota Tangerang, selain itu diikuti juga dari komunitas budaya se-Nusantara yang ada di Kota Tangerang. Kegiatan parade budaya itu sendiri mengambil titik kumpul di Lapangan Ahmad Yani dan berjalan menuju pusat pemerintahan Kota Tangerang.

2

Peserta karnaval budaya setibanya di pusat Pemerintahan di sambut oleh Walikota Tangerang beserta jajaranya.Para peserta langsung menampilkan berbagai atraksi budaya secara bergantian di hadapan walikota, seperti tarian Kolosal Anggana Raras, Barongsai, Tari Liong Vihara Bun San Bio serta Tangerang Fashion Carnival hingga Marching Band Tya Dita yang penampilanya sangat menghibur masyarakat yang hadir dalam acara tersebut.

"Alhamdulillah kami Pemerintah Kota Tangerang menyelenggarakan kegiatan festival budaya ini sekaligus menyambut Hari Pahlawan. kegiatan festival budaya nusantara kedua ini diikuti kurang lebih 2.100 peserta dengan 51 rangkaian," ujar Arief .

Ia mengatakan bahwa Festival Budaya ini di harapkan bisa menyemangati masyarakat Kota Tangerang untuk terus melestarikan budaya Indonesia.

3

"Kami berharap juga kepada generasi milenial agar ikut menjaga dan melestarikanya. karena bagaimanapun juga budaya yang ada saat ini,adalah warisan luhur yang terus di jaga dan di lestarikan oleh seniman dan budayawan sampai saat ini".

Ia juga mengapresiasi para peserta karnaval dari Kota Tangerang khususnya dan luar daerah yang turut serta memeriahkan festival ini. disini terlihat seluruh daerah melebur menjadi satu yang dengan semangat melestarikan budaya Indonesia.

"Disini menunjukan keberagaman Indonesia di Kota Tangerang, hal seperi ini mencerminkan miniatur Indonesia, dengan keheterogenan masyarakat yang ada di Kota Tangerang," kata Arief.

4

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang, Rina Hernaningsih menuturkan, yang membedakan festival budaya dari tahun sebelumnya adalah jumlah daerah yang ikut semakin banyak, yakni 19 kabupaten/kota.

"Di festival kali ini juga yang tak kalah menariknya ada 9 chef yang mempertunjukan beberapa keahliannya dalam membuat masakan khas Provinsi Banten," Kata Rina.

Ia menambahkan,bahwa dalam Festival Budaya Nusantara II ini juga di meriahkan dengan berbagai lomba yang turut dihadiri oleh komedian ibu kota yakni azis gagap. Selain itu pada puncaknya nanti(saat acara penutupan-red) akan hadir pula artis Dewi gita.

Rina berharap dengan adanya festival budaya ini dapat menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara ke Kota Tangerang.

5