Anggaran Banyak Belum Terserap, Bupati Tangerang : Kami Gunakan Prinsip Kehati-hatian

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat meninjau pembangunan sport centre. Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat meninjau pembangunan sport centre. Iday
detakbanten.com KAB. TANGERANG-Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengakui hingga menjelang akhir tahun anggaran ini sekitar 38 persen dari Rp5 triliun APBD Kabupaten Tangerang belum terserap.
 
"APBD belum terserap, karena banyak pekerjaan pekerjaan besar yang sedang dalam tahap finishing," ujarnya.

Penjelasan Zaki ini disampaikan untuk mengklarifikasi pernyataan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka hari ini yang menyebutkan jika Kabupaten Tangerang adalah juara I daerah dengan penyerapan anggaran yang terlambat. Zaki menegaskan, dana tersebut bukan sengaja mengendap dan diendapkan di bank. Tapi, kata dia, ini lebih pada kehati-hatian dalam penggunaan anggaran. "Itu prinsip kami," tegasnya.

Karena, kata Zaki, proses kehati-hatian lebih baik dari pada berurusan dengan hukum. Zaki menyebutkan anggaran yang belum terserap itu meliputi sejumlah proyek yang sedang berlangsung di Kabupaten Tangerang seperti RSUD Pantura di Pakuhaji, stadion mini Kecamatan, kantor keagamaan Kecamatan, pembangunan jalan di Binamarga dan pembangunan gedung-gedung. "Semua itu sedang dalam proses penagihan, dan penyelesaian fisiknya,” katanya.

Pekerjaan lainnya, yang menyediakan anggaran besar, ialah pembebasan lahan untuk jaringan jalan, seperti pembebasan jalan Cibadak-Tigaraksa, pembebasan lahan untuk pelebaran jalan Cikupa-Pasar Kemis, pembebasan lahan sebagian untuk sports center serta dana untuk KPUD Kabupaten Tangerang guna pelaksanaan Pilkada 2018.

Zaki menargetkan hingga akhir Desember 2017, anggaran akan lebih banyak terserap. Hal ini, kata dia, terlihat dari progres pekerjaan fisik dan nonfisik yang segera rampung dan telah dianggarkan sesuai dengan APBD dan APBDP 2017.

Pemkab Tangerang, kata Zaki, segera membuat laporan ke Presiden, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan terhadap proses dan progres APBD Kabupaten Tangerang di triwulan terakhir ini.

 

 

Go to top