Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Pemkot Tangerang Canangkan Berbagai Program

Puskesmas layanan UGD 24 jam di salah satu kecamatan Puskesmas layanan UGD 24 jam di salah satu kecamatan Ades

detakbanten.com KOTA TANGERANG-Dalam upaya dalam mensukseskan Tangerang Sehat yang dicanangkan Pemerintah kota (Pemkot) Tangerang, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah terus berupaya mendorong semangat partisipasi dari seluruh elemen masyarakat untuk dapat bahu membahu menciptakan lingkungan hidup sehat.

Untuk menunjang program tersebut Pemkot Tangerang telah menyediakan pelayanan berobat gratis bagi warga tidak mampu, ambulans, mobil jenazah gratis, UGD Puskesmas 24 jam serta kegiatan posyandu.

Arief menjelaskan, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kota Tangerang, pemkot juga telah membuka pelayanan home care dan akan menambah fasilitas di masing-masing kelurahan. Untuk mendeteksi masalah kesehatan masyarakat yang lebih cepat dan efisien. Jaminan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah bisa memotivasi masyarakat untuk lebih peduli terhadap kesehatannya masing-masing. "Pemerintah telah menjamin fasilitas kesehatan warganya,makanya bantu jaga kebesihan lingkungannya masing-masing," tuturnya.

Usai menggelar upacara kenaikan Bendera HUT RI ke -72 pada (17/8/2017), Wali Kota Tangerang kembali menggelontorkan program kesehatan terbaru kota Tangerang di antaranya, Program 'Cageur Jasa' atau kepanjangan dari Colaborasi Kunjungan Rumah Terintegrasi Keluarga Sehat.

Program tersebut sebagai bentuk pelayanan petugas kesehatan ke rumah warga untuk mendata, menindak lanjuti apabila terdapat permasalahan kesehatan warga dan melakukan edukasi kesehatan secara langsung kepada masyarakat. "Pemkot juga menyediakan langsung petugas lapangan beserta dokter dilengkapi dengan alat medis dengan mengendarai sepeda motor," ujarnya.

Kemudian, untuk ambulans gratis yang dinamakan 'smart 119'. Angkutan gratis ini terintegrasi untuk menjangkau masyarakat yang membutuhkan pertolongan gawat darurat, kendaraan tersebut telah dilengkapi oleh peralatan kesehatan didalamnya.

IMG-20170817-WA000

Ambulans Smart 119

"Bagi warga yang membutuhkan ambulans atau mobil jenazah bisa diakses melalui call center Dinkes di (021) 5577115,ini lebih kepada jemput bola," tutur Henny Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tangerang Henny Herlina.

Selain itu, ada juga program 'kesehatan ibu dan bayi cageur' (Barbar) Puskesmas. Warga yang melahirkan di puskesmas dapat langsung mendapatkan dokumen lengkap berupa akte kelahiran, Kartu keluarga serta jaminan kartu Indonesia Sehat (KIS). "Ini semua untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat. Yang diluncurkan tepat pada HUT RI ke 17 kemarin oleh wali kota Tangerang," terangnya.

Lebih lanjut, Henny mengatakan, pemkot telah menyediakan mobil ambulans smart 119 sebanyak 10 unit sepeda motor dan program cageur jasa disiapkan 12 unit sepeda motor. Rencananya, akan ditambah lagi sehingga satu puskesmas ada dua sepeda motor. "Layanan ini disediakan untuk memberikan kemudahan dan peningkatan kesehatan kepada masyarakat," ujar Henny.

Seperti diketahui, Pemkot Tangerang telah membuka layanan UGD Puskesmas 24 Jam di kota Tangerang dan juga dilengkapi dengan fasilitas persalinan untuk ibu hamil. (Advertorial)

 

 

« August 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31    
Go to top