IEPF Dan Tangsel Kerjasama Pendidikan Lingkungan

IEPF Dan Tangsel Kerjasama Pendidikan Lingkungan

detakbanten.com SERPONG – Untuk membangun populasi manusia yang sadar dan peduli terhadap lingkungan total pada era Global Warming ini, Pemkot Tangsel melalui Dinas Pendidikan & Kebudayaan dan Badan Lingkungan Hidup melakukan kerjasama dengan Indonesian Education Promoting Foundation (IEPF) yang didukung oleh JICA (Japan International Cooperation Agency) Indonesia.

Dalam hal ini, JICA memberikan edukasi kepada para guru sebagai pengawas pendidikan yang ada di Sekolah–sekolah di Kota Tangsel akan pentingnya kurikulum pendidikan lingkungan.

Inspektur Kota Tangsel Mathodah mengatakan, Dinas Pendidikan & Kebudayaan melakukan kerjasama dalam hal program pendidikan lingkungan. Tujuannya adalah untuk memastikan pelajaran pendidikan lingkungan masuk kedalam kurikulum di tingkat Sekolah Dasar.

"Oleh karena itu, Dinas Pendidikan & Kebudayaan sedang berjuang memberikan payung hukum untuk program pendidikan lingkungan. Saya berharap bahwa dengan adanya proyek ini, dapat mempererat kerjasama antara Indonesia dengan Jepang, Kota Tangsel dapat menjadi kota seperti kota Toyama di Jepang. Kota ini merupakan kota bebas sampah serta program ini dapat ditingkatkan ke jenjang SMP, SMA maupun SMK walaupun kewenangan SMA dan SMK sudah menjadi kewenangan Provinsi Banten," katanya pada Kamis (16/2/2017).

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany mengapresiasi kerjasama ini antara IEPF dari jepang dalam bidang pendidikan dan lingkungan hidup. "Jepang memiliki karakteristik, potensi yang kuat dengan kemajuan yang sangat luar biasa dibandingkan dengan Indonesia," katanya.

Kata dia, satu hal yang menarik, walaupun Jepang sudah modern dan maju, tapi selalu sadar akan tradisi dan budaya. "Kita paham disana ada kata Modern yang juga sama dengan Jepang yang sudah sangat modern baik di bidang pendidikan maupun di bidang Lingkungan Hidup. Oleh karena itu, tentunya patut menjadi panutan bagi kita," terangnya.

 

 

Go to top