Launching e-Warong Di Tangsel, Mensos: Pemegang Kartu Merah Putih Sekarang Bisa Tidur Nyenyak

detakbanten.com PONDOK AREN--Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa meresmikan elektronik Warung Gotong Royong (e-Warong) di Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu (23/11).

Rencananya, Mensos akan membuka 16 e-Warong di Kota Tangsel. Dari jumlah tersebut, saat ini baru satu dari tujuh e-Warong yang resmi beroperasi.

Mensos Khofifah mengatakan, pemegang kartu merah putih yang berpungsi sebagai ATM ini juga dapat menghindari masyarakat dari jeratan rentenir. Karena, kartu tersebut bisa digunakan untuk berbelanja di e-Warong Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (KUBE-PKH). Dimana, harga bahan pokok yang di jual di e-Warong jauh lebih murah dari harga pasar yang ada lantaran e-Warong saat ini dinaungi oleh Koperasi Masyarakat Indonesia Sejahtera (KMIS) dengan dukungan aplikasi layanan Bank BNI untuk penyaluran bantuan bersubsidi dari pemerintah kepada masyarakat.

"Warga yang memegang kartu merah putih pokoknya sekarang bisa tidur lebih nyenyak lagi, karena bisa bebas dari rentenir," kata Mensos.

Alasan masyarakat bisa tidur lebih nyenyak lagi, Mensos menjelaskan, warga pegang kartu merah putih jika tidak memiliki kebutuhan pokok seperti gula, beras dan lain-lain, bisa meminjam terlebih dahulu di e-Warong yang akan melayani 500 orang pemegang kartu.

"Jadi itulah manfaat e-Warong. Nah, ibu-ibu yang telah punya kartu merah putih, belanjanya di e-Warong dan jangan lagi meminjam uang ke rentenir, pinjam ke koperasi e-Warong saja," beber Mensos.

Mensos juga mengatakan, warga yang memegang kartu merah putih ini akan menerima uang sebesar Rp 110 ribu setiap bulan. Kartu merah putih tersebut terkoneksi dengan e-Warong.

"Mudah-mudahan warga yang megang kartu merah putih bisa memperoleh kemudahan yang lebih baik," ucap Mensos.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Bulog, Imam Subowo mengatakan pihaknya terus menjaga stabilitas harga pangan pokok. Salah satunya, pihaknya bekerjasama dengan e-warong dengan menyuplai barang kebutuhan pokok yang lebih murah.

"Kedepan kami akan meluncurkan program rumah pangan yang berada disetiap Rukun Warga," tuturnya.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menyambut baik program e-warong yang memberdayakan masyarakat kurang sejahtera untuk maju. Pemkot Tangsel, terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Tangsel. Dari jumlah penduduk 1,4 juta jiwa dengan warga miskin sebanyak 1,96 persen.

"Terimakasih kepada ibu menteri sosial yang telah meluncurkan e-Warong di Kota Tangsel," singkat Airin.

« December 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31          
Go to top