Lomba Fotografi 2014, Memotret Kota Tangsel Membangun

detaktangsel.com PAMULANG - Perjalanan berdirikan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sepintas tampak lebih mudah untuk dilakukan, namun sesungguhnya pekerjaan rumah menumpuk di depan mata, sejak 26 November 2008.

Menginjak di usia-nya yang ke-enam tahun 2014, dengan Visi : Cerdas, Modern, dan Religius, Kota Tangsel yang dipimpin duet pemerintahan definitiv Hj Airin Rachmi Diany - H Benyamin Davnie sejak 21 April 2011 terus berbenah Menata Kota Tangsel sebagai Rumah Bersama.

Di awal berdirinya, penduduk Kota Tangsel kurang dari 800 ribu jiwa, dan di akhir 2014 pertumbuhan penduduk pun bertambah dengan cepat hingga mencapai lebih dari 1,3 juta jiwa. Pertumbuhan ini bukan karena kegagalan Keluarga Berencana (KB) tetapi Kota Tangsel telah menjelma menjadi Kota Tujuan tempat tinggal, tempat berusaha dan mencari pekerjaan.

Kota Tangsel tidak memiliki sumber daya alam, dan tidak dipersiapkan sebagai kota industri. Karenanya, sebagai kawasan satelit Ibu Kota Negara, Kota Tangsel 'dideklarasikan' sebagai kota Perdagangan dan Jasa dengan harapan sektor pajak menjadi salahsatu penyumbang Pendapatan Daerah yang cukup tinggi.

Dalam kesempatan khusus, Kepala Sub Bagian Dokumentasi Humas Setda Kota Tangsel Taufik Ismail mengungkapkan, dalam rangkaian HUT Kota Tangsel Ke-6 tahun 2014, pihaknya berencana melaksanakan sebuah kegiatan Lomba Foto Tangsel Membangun.

Dijelaskan Taufik, Lomba Foto tersebut terbagi dalam dua (2) kategori, yakni Kategori yang diperuntukkan bagi kalangan umum, pelajar, dan mahasiswa; serta Kategori Profesional dan Media.

"Sebagai Kota baru, Tangerang Selatan (Tangsel) akan menginjak di usia 6 tahun pada 26 November 2014 ini. Banyak hal yang tumbuh, pembangunan dimana-mana, tidak hanya pembangunan fisik, namun juga pembangunan manusia seutuhnya. Maka dengan harmonisasi tersebut, telah membawa banyak momentum bagi perkembangan sebuah Kota. Momen-momen yang bertebaran itu kami lihat sebagai sebuah arena yang baik untuk mereka yang menyukai fotografi. Dalam sebuah catatannya, Susan Sontag menyatakan bahwa fotografi adalah bahasa yang apa adanya dan untuk selamanya," ungkap Taufik.

Dijelaskan Taufik, persyaratan dalam Lomba Foto adalah : para peserta mengirimkan tiga (3) foto hasil karya teraiknya ke email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. ATAU This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (pengiriman selambat-lambatnya tanggal 21 November 2014, pukul 16.00 WIB).

Sementara itu, Ketentuan Umum Lomba adalah 1) lomba fotografi ini gratis, peserta tidak dipingut biaya; 2) Lomba ini skala Provinsi, terbuka untuk seluruh masyarakat yang berdomisili di wilayah Provinsi Banten; 3) Peserta adalah warga yang berdomisi di wilayah Provinsi Banten, yang dibuktikan dengan lampiran foto copy KTP, atau Kartu Pelajar pada saat pengiriman karya.

Tema dan Ketentuan Teknis Lomba Fotografi meliputi : Tema Lomba ini adalah "Tangerang Selatan (Tangsel) Membangun".

Lomba dibagi dalam dua (2) Kategori, yakni kategori Pelajar dan Mahasiswa, serta Kategori Profesional (termasuk Median fotographer, dan profesi lainnya), dengan menggunakan jenis kamera apa pun.

Foto yang dikirimkan adalah hasil karya original, dan belum pernah menjadi pemenang, atau tidak terikat kontrak pada program promosi, atau lomba jenis apa pun sebelumnya.

Foto yang dikirimkan wajib dengan rosolusi tinggi minimal 300 dpi. Dan olah digital diperbolehkan sebatas koreksi auto level tanpa mengubah keaslian object foto. Peserta tidak diperbolehkan mengirimkan foto berupa kombinasi lebih dari satu foto (composite dan montage), dan menghilangkan atau mengubah elemen-elemen dalam satu foto.

Tata Cara Pengiriman : peserta dapat menyerahkan maksimal tiga (3) karya foto original per Kategori melalui e-mail, dengan menuliskan : 1) Keterangan Foto, meliputi : Nama Peserta, Tempat/Tanggal lahir, Nomor Telpon/HP, Alamat, Judul Foto, Tanggal/Bulan/Tahun, dan Lokasi Foto.

2) Lampiran fotocopy / scan KTP atau Kartu Pelajar.

3) Format penulisan judul email adalah (LOMBAFOTO)_(Nama Lengkap). Contoh : LOMBAFOTO Zalaludin Almurale

Kemudian dikirim ke e-mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. ATAU ke : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Sedangkan pelaksanaan Seleksi dan Pameran seluruh karya yang dikirimkan akan diseleksi oleh Dewan Juri, dan bagi pemenang yang terpilih akan dipamerkan pada rangkaian kegiatan Tangsel Expo pada bulan November 2014.

« May 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31      
Go to top