SDAP Banten Gelar Sosialisasi Kegiatan Sarana dan Prasarana Air Bersih

detakserang.com - BANTEN, Air bersih merupakan kebutuhan pokok bagi semua manusia, cepatnya arus urbanisasi mengakibatkan timbulnya permasalahan yang berkaitan dengan masalah lingkungan, di antaranya kondisi kualitas air dan sanitasi, khususnya di perkotaan.

Pertumbuhan fasilitas air bersih dan sanitasi yang baik dalam dekade terakihir ini tidak seimbang dengan pertumbuhan penduduk perkotaan dan perdesaan yang cepat, Akhir-akhir ini jutaan penduduk hidup tanpa akses air bersih dan sanitasi yang baik, sehingga dapat menimbulkan masalah kesehatan dan lingkungan masyarakat.

IMG 2464Untuk membantu terwujudnya ketersediaan air bersih yang berkesinambungan, di perlukan pengembangan sistem penyediaan air bersih secara optimal. Hal itu di ungkapkan oleh kepala dinas Sumber Daya Air dan Pemukiman (SDAP) Provinsi Banten Iing Suwargi, saat menghadiri sosialisasi dan koordinasi kegiatan sarana dan prasarana air bersih pada seksi air bersih bidang perumahan dan pemukiman dinas SDAP Provinsi Banten 2014, di hotel Mambruk Anyer.

" Yang menjadi masalah di sumber daya air adalah kurangnya suplai atau pemenuhan air bersih, sistem drainase yang buruk, serta ketersediaan sarana mandi, cuci, kakus (MCK) yang sangat terbatas, menyebabkan degradasi lingkungan dan derajat kesehatan masyarakat, oleh karena itu kami kerjasama dengan pihak terkait lainnya seperti PDAM dan masyarakat, Alkhamdulillah tahun ini kami telah merealisasikan 165 lokasi kegiatan penyediaan sarana dan pra sarana air bersih (sumur Bor dan MCK) yang tersebar di desa-desa se-provinsi Banten, serta di 11 desa membangun Bronchaptering, reservoir, dan perpipaan." Ujarnya.

sementara itu kepala seksi air minum dan penyehatan lingkungan dinas SDAP provinsi Banten, Adib Solihin mengatakan bahwa tujuan di selenggarakan kegiatan sosialisasi prasarana dan sarana air bersih ini untuk memberikan informasi pelaksanaan kegiatan kepada aparatur pemerintah desa/ Kelurahan dalam hal ini kepala desa /Lurah tentang kegiatan yang akan di lakukan di daerahnya.

" kegiatan sosialisasi ini kita gelar di hotel mambruk anyer, dan biaya untuk sosialisasi dari APBD Provinsi Banten tahun anggaran 2014. Dan kegiatan ini di kerjakan oleh penyedia jasa pelaksana kontruksi secara kontraktuil. pendaftaran di lakukan secara elektronik melalui Lembaga Pengadaan Barang dan Jasa Elektronik (LPSE)." Jelas Adib

Adib berharap dengan adanya kegiatan ini Kepala Desa/ Lurah bisa memfasilitasi serta mendukung dari awal sampai akhir sehingga kegiatan ini berjalan lancar.

" Semoga kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar dan memberikan manfaat bagi kita semua dalam rangka memajukan pembangunan di Provinsi Banten." tandasnya.

« April 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30            
Go to top