TRC Siaga Tersiar Kabar Bencana Tsunami

TRC  Siaga Tersiar Kabar Bencana Tsunami

detakserang.com- SERANG, Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten bersiaga hingga Kamis (3/4). Langkah ini menyusul instruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) atas status Waspada Tsunami yang dikeluarkan Indonesian Tsunami Early Warning System (InaTWES) untuk wilayah-wilayah di Indonesia termasuk Banten, atas gempa di Chilli, Amerika Selatan, kemarin.

Kepala Seksi Pencagahan BPBD Provinsi Banten Uus Kuswoyo menyebutkan, sejauh ini berdasarkan data Badan Metelogi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Banten bahwa gelombang sudah datang ke Pandeglang Selatan sejak Kamis (3/4) sekitar pukul 07.00. Lalu, dilanjutkan ke Lebak pada pukul 08.00, ke Pandeglang Utara pukul 09.00, Serang Barat pada pukul 11.00, dan berakhir di Pulau Shanghiang pukul 15.00.

Meski gelombang dipastikan datang, menurut Uus, hingga saat ini belum ada laporan masalah yang datang ke Pusat Pengendalian Oprasi (Pusdalops) BPBD Banten. Artinya, bisa dikatakan gelombang yang dimaksud hanyalah ombak biasa.

"Dari informasi, gelombangnya cuma 0 sampai 0,5. Lagian Pulau Jawa ini terhalang banyak pulau termasuk Selandia," katanya.

Kesiagaan TRC ini, menurut Uus, adalah bagian dari tugas rutin yang dilaksanakan sehari- harinya. Apalagi bila ada laporan khusus seperti ini. pihaknya berharap masyarakat tidak perlu panik. Karena gelombang yang sampai di pantai hanya setinggi lutut kaki orang dewasa.(Wan)

 

 

Go to top