KPU Libatkan Ratusan Siswa SMA Sosialisasikan Pemilu 2014

KPU Libatkan Ratusan Siswa SMA Sosialisasikan Pemilu 2014

detakserang.com- CILEGON,Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cilegon melibatkan ratusan siswa SMA untuk menyosialisasikan Pemilu 2014. Tujuannya untuk menekan angka kelompok atau golput.

Ketua Pokja Sosialisasi KPU Cilegon Habibi Aliburton di Cilegon, Senin (24/2), membenarkan kegiatan ini bertujuan untuk menekan angka golput di kalangan pelajar. Karena mereka merupakan pemilih pemula.

Habibi Aliburton mengatakan, pihaknya gencar melakukan sosialisasi untuk menjaring pemilih pemula. Untuk itu, KPU memberikan pemahaman kepada mereka supaya menggunakan hak suaranya.

Habibi menyebutkan, jumlah pemilih pemula dari angka daftar pemilih tetap (DPT) cukup banyak. Ada sekitar 10 persen pemilih pemula di Kota Cilegon dari jumlah DPT sebanyak 269.385.

Ia mengatakan, pihaknya memaparkan tata cara pencoblosan dan bagaimana mencoblos yang sah dan tidak. Juga menjelaskan pengertian pemilu jujur dan ddil (jurdil) serta sistem perolehan kursi untuk menjadi anggota dewan.

Sementara Kepala Sekolah SMAN 1 Cilegon Lili Fudholi sangat mengapresiasikan dan mendukung sosialisasi tersebut. Pasalnya, banyak pelajar yang belum paham tentang pemilu.

"Kami mendukung dan ingin menyukseskan pesta demokrasi," katanya.
Ia berharap agar siswa-siswi yang mengikuti sosialisasi ini tidak golput dan menggunakan hak suaranya, baik dirinya sendiri maupun keluarganya.(sis)

 

 

Go to top