Zaki Prioritaskan Pembukaan Mesjid Saat New Normal Diterapkan

Zaki Prioritaskan Pembukaan Mesjid Saat New Normal Diterapkan

detakbanten.com TIGARAKSA -- Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar tengah melakukan kajian untuk kembali membuka mesjid dalam situasi new normal atau kenormalan baru di tengah pandemi Corona. Hal tersebut dikatakan pria nomor satu di Kabupaten Tangerang, Kamis (28/5/2020).

" Kami sedang siap-siap untuk membuka masjid dan sarana ibadah mulai dari kajian di masjid dan solat jumat dan tempat ibadah dulu. Yang lain belum," kata Zaki.

Menurutnya Ia akan membuat role model bagi tempat-tempat keramaian seperti pasar, mall, sarana ibadah, sekolah dan tempat lainnya yang nantinya bisa diikuti dan diterapkan sesuai dengan tatanan baru New Normal yang akan berlaku di Indonesia khususnya Kab. Tangerang.

"Kita akan buat contoh dulu seperti masjid, mall, pasar, saranan lainnya yang nantinya bisa ditiru dan dijadikan acuan dalam pelaksanaan new normal dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan," tandasnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid menambahkan, beberapa hari yang lalu Pemda sudah melakukan rapat internal untuk menentukan langkah-langkah yang diambil dalam menyambut new normal, ada dua hal yang pertama adalah untuk bisa dilaksanakan solat berjaamaah dan pembukaan sarana ibadah, yang kedua akan mengundang seluruh management Mall dan Toserba untuk persiapan pembukaannya.

"Kita akan membukan sarana ibadah dan akan mengundang MUI, DMI untuk menentukan langkah dan tahapan apa saya yang harus dilalui, begitupun Mall dan toserba akan kita undang managementnya untuk membahas pembukaannya, akan tetapi baik tempat ibadah maupun mall harus memenuhi standar protokol kesehatan yang ada," Kata Rudi Maesyal sapaan akrab Sekda Kabupaten Tangerang.

Sekda menjelaskan untuk transportasi publik pihkanya juga terus berkoordinasi dengan Pemprov DKI, dan Banten serta Wilayah Tangerang Raya lainnya untuk menyamakan persepsi dan aturan, karena Banten dan DKI wilayahnya berbatasan, jadi tidak mungkin berjalan sendiri-sendiri tanpa adanya kesamaan.

"Kita semua berdoa dalam menyambut new normal ini kesamaan langkah antara Pemda DKI Pemprov Banten dan juga Tangerang Raya sejalan bisa sesuai dengan pasal-pasal yang telah diputuskan oleh presiden, kita tidak boleh jalan sendirian kita harus beriringan sejalan," ungkapnya.

Lanjut Sekda, Bupati menekankan kepada kita semua bahwa fase-fase yang telah ditetapkan oleh Presiden kita akan ikuti aturan tersebut supaya konsep program yang telah dituangkan oleh pemerintah pusat sejalan dengan di Tangerang maupun di Banten.

Sementara itu Kombespol. Ade Ary Syam Indradi selaku Kapolresta Tangerang yang memantau persiapan new normal di Pasar Tigaraksa mengatakan bahwa, dari gugus tugas mengecek apakah protokol kesehatan sudah dilaksanakan oleh pengelola pasar Tigaraksa. Menurutnya, pasar merupakan tempat atau sarana yang setiap hari didatangi warga. Oleh karena itu, ini menjadi perhatian dari gugus tugas untuk mengecek.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pengurus pasar, kita minta petugas menyiapkan personel khusus untuk mengecek suhu tubuh. Kemudian pengurus pasar diminta untuk menyediakan tempat cuci tangan, namun dibeberapa titik agar ditambahkan,” ujarnya

 

 

Go to top