Print this page

Zaki Pimpin Musrenbang Online

Zaki Pimpin Musrenbang Online

detakbanten.com TIGARAKSA - Bupati Tangerang Ahmed Zaki Isandar memimpin Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD 2021 , secara online, diruang kerja Bupati pada Selasa, (7/04/2020). Digelarnya Musrenbang online ini karena saat ini wabah Covid 19 tengah melanda wilayah Republik Indonesia.

Musrenbang online dihadiri pula oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Tangerang, kepala bappeda provinsi dan bappeda kabupaten/kota se Provinsi Banten, para akademisi dan organisasi kemasyarakatan.

Dalam sambutannya Bupati Tangrang A. Zaki Iskandar saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Tangerang Tahun 2021, dengan video conference mengatakan Penyelenggaraan Musrenbang RKPD ini merupakan mekanisme perencanaan tahunan dalam rangka mengakomodir kepentingan masyarakat sekaligus sebagai wadah partisipasi untuk menghasilkan rencana program dan kegiatan pembangunan yang lebih aspiratif dan transparan serta dapat pula dipertanggungjawabkan (akuntabel).

"Semua hadir ditempatnya masing-masing melalui Video Confren, terjadinya wabah covid19 merubah arah kebijakan anggaran, pasti ada pergeserah anggaran karena pendapatan berkurang," terang Bupati saat ditemui rekan-rekan media didepan ruang kerjanya.

Kebijakan pembangunan daerah Kabupaten Tangerang Tahun 2021, Lanjut Zaki, tidak terlepas dari visi dan misi Kabupaten Tangerang yang terumus dalam RPJMD Kabupaten Tangerang Tahun 2019 – 2023.

"Pembangunan Infrastruktus, Pemberdayaan Ekonomi, kualitas SDM dan peningkatan Tata kelola pemerintahan masih menjadi prioritas arah pembangunan 2021," ungkap Bupati Zaki.

Dengan mempertimbangkan potensi, kondisi, permasalahan, tantangan dan peluang masyarakat Kabupaten Tangerang, maka Tema Pembangunan Kabupaten Tangerang Tahun 2021 yaitu ”Memacu Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia”.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid menambahkan RKPD Kabupaten Tangerang Tahun 2021 merupakan tahun ketiga dari RPJMD Kabupaten Tangerang Tahun 2019-2023 dengan arah kebijakan dan prioritas daerah dalam upaya percepatan perwujudan program-program pembangunan.

"Isu Strategis Kabupaten Tangerang Tahun 2021, mulai dari Pembangunan infrastruktur untuk mendukung perekonomian dan kemudahan aksesibilitas, Peningkatan perekonomian masyarakat, Pembangunan berbasis sumber daya manusia yang berkualitas," ungkap Sekda.

Prioritas pembangunan Kabupaten Tangerang pada tahun 2021 diarahkan pada percepatan Pembangunan Insfrastruktur, Pemberdayaan Ekonomi, Peningkatan Kualitas SDM dan Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan.

Musrenbang secara Online melalui Video Confren Bupati dan Wakil Bupati Tangerang bertempat di ruang kerja Bupati Tangerang, Ketua DPRD dan anggota berlokasi di eks kantor dewan di Kota Tangerang, Sekretaris Daerah bertempat lantai 5 ruang Cituis Gedung Bupati, Kepala Bappeda dan moderator di Gedung Bappeda Kabupaten Tangerang.

Selain itu ada 4 narasumbet juga di lokasiyang barbeda yaitu Kepala Bappeda Provinsi Banten di ruang Kenya di Serang, Faisyal Basri Ekomom di Jakarta, Yayat Supriatna pengamat Tata Kota dan Ahmad Taufik dari Kemanpan RB .