Pemerintah Gagal Entaskan Warga Dari Kemiskinan

Wakil Gubernur Banten Rano Karno saat mengunjungi perumahan kumuh di Kampung Pekapuran Kecamatan Kasemen Kota Serang Wakil Gubernur Banten Rano Karno saat mengunjungi perumahan kumuh di Kampung Pekapuran Kecamatan Kasemen Kota Serang

detakserang.com - SERANG - Kondisi sosial masyarakat Serang sangat memrihatinkan. Betapa tidak, pemerintah setempat maupun Provinsi Banten terbilang gagal mengentaskan masyarakat dari kemiskinan.

 MG 8194Saat membuka kegiatan bakti sosial Dinas Kesehatan Provinsi Banten di Serang, Rabu (12/2), Wakil Gubernur Banten Rano Karno tidak memungkiri kondisi obyektif warga Kota Serang tersebut. Berdasarkan dara tercatat 1,2 persen masyarakat Serang menderita gizi buruk, 320 kasus deman berdarah, dan penyakit sejenisnya pada 2013.


Faktor kekurangan pangan mengakibatkan peningkatan angka gizi buruk, lingkungan kumuh juga sebagai faktor menyebarnya penyakit DBD, dan sejenisnya. Sehingga Kecamatan Kasemen dinyatakan wilayah endemik DBD.
Rano Karno mengatakan, Serang gagal mengentaskan kemiskinan dan kesehatan masyarakat. Tidak heran misalnya, kasus gizi selalu meningkat setiap tahun.


Berdasarkan kondisi sosial sedemikian rupa, kata Rano Karno, pemerintah menyelenggarakan pengobatan gratis, khitanan massal, donor darah, pemeriksaan gula darah, fogging, dan pelayanan gigi di Kampung Pekapuran, Kecamatan Kasemen.
Ia menegaskan, tujuan kegiatan ini hanya sebagai upaya pencegahan penyakit yang dialami masyarakat Kasemen. Tanpa partisipasi masyarakat untuk hidup sehat dan menjaga kebersihan likungan, maka berbagai penyakit yang menjangkit masyarakat tidak akan bisa dihilangkan. (mamo)

« April 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30          
Go to top