>

Bangun Kampung Tematik Dengan Menggali Potensi Kearifan Lokal

detakbanten.com KARANG TENGAH -- Kota Tangerang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang mengadakan kegiatan Training of Trainers (TOT) Pelaksanaan program Kampung Tematik. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kampung Teras Pancasila RW.15, Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Karang Tengah, Rabu (04/03). 
 
Walikota Tangerang Arief R.Wismansyah dalam sambutanya mengatakan, bahwa para Camat dan Lurah se- Kota Tangerang di harapkan bisa menjadi agen-agen perubahan di masyarakat untuk menggugah kepedulian dan kecintaan akan lingkungan yang bersih dan sehat. Selain itu dengan tunbuhnya kampung-kampung Tematik di setiap Kelurahan, diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat Kota Tangerang  sebagai sebuah kota yang layak huni.
 
"Program Kampung Tematik harus didukung oleh seluruh elemen masyarakat, dengan tujuan agar tumbuh rasa peduli dan cinta terhadap lingkunganya," ujar Arief.
 
WhatsApp Image 2020 03 04 at 22.20.27
Arief menambahkan, dengan diadakanya TOT  yang diikuti oleh 54 lurah dari 5 kecamatan yaitu Cipondoh, Pinang, Ciledug, Karang Tengah dan Larangan serta seluruh Camat Se-Kota Tangerang. Camat dan Lurah di Kota Tangerang mampu bersinergi dengan warganya untuk membangun kampung- kampung tematik di wilayahnya masing-masing.
 
"Kita bekerjasama, saling bahu membahu antara Pemerintah dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Kedepan di harapkan Kampung Tematik ini bisa berkembang menjadi kampung wisata dan menghadirkan siklus perputaran ekonomi bagi warganya," tambahnya.
 
WhatsApp Image 2020 03 04 at 22.19.52
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang,  Sugiharto Achmad Bagdja menerangkan,  bahwa masyarakat Kota Tangerang merupakan masyarakat yang heterogen. Program Kampung Tematik ini adalah upaya Pemerintah untuk menyatukan persepsi dan memupuk nilai- nilai kerukunan di masyarakat  yang heterogen tersebut. Program Kampung Tematik hadir di tengah- tengah lingkungan masyarakat, jadi mutlak harus semua warganya mendukung program tersebut.
 
"Kedepan setelah terbentuknya kampung-kampung tematik di semua wilayah, di harapkan akan menjadi destinasi wisata di Kota Tangerang. Cluster-cluster destinasi wisata tersebut nantinya akan terkoneksi dengan moda transportasi wisata massal Kota Tangerang seperti bus Jawara yang saat ini rutenya masih terbatas," terangnya.
 
WhatsApp Image 2020 03 04 at 22.21.27
Sementara itu Camat Karang Tengah, Matrobin, S.sos mengatakan, dirinya selaku Camat terus berupaya untuk memotifasi para lurahnya. Terutama untuk menggali potensi warga di masing- masing Kelurahan untuk lebih mengembangkan kampung - kampung tematik ini. 
 
" Saat ini sudah ada beberapa Kelurahan di Kecamatan Karang Tengah yang sudah mengembangkan kampung tematik. Seperti di Kelurahan Karang Tengah, Kampung Teras Pancasila dan Kampung Teduh. Kelurahan Karang Mulya Kampung Hidrophonik, Kelurahan Pedurenan Kampung Proklim dan Kelurahan Pondok Pucung dengan Kampung Jahenya," pungkasnya. (ADV)
« June 2020 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30          
Go to top