HPSN Bukan Sekadar Seremonial

detakbanten.com TANGERANG - Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Kota Tangerang dilaksanakan di Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci), Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Jumat (21/2/2020).

Hadir Walikota Tangerang Arief R Wismansyah, Wakil Walikota Sachrudin dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Dedi Suhada. Dalam kegiatan tersebut, pemerintah sekaligus melaunching bank sampah untuk limbah elektronik.

Ada juga penyerahan simbolik sekolah Adiwiyata yang sebelumnya diikuti 62 sekolah. Selanjutnya, ada 57 sekolah mendapat predikat sekolah Adiwiyata. Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas partisipasi pihak swasta maupun sekolah yang turut menjaga lingkungan dari sampah.

“Kita sebagai masyarakat Kota Tangerang yang tinggal di kampung ini jangan cuma jadi penonton. Apalagi kemaren awal tahun banjir. Kendala banjir yang terjadi kemarin, kita mencoba mempercepat arus. Dan salah satu yang menjadi penyebab banjir adalah sampah yang menyumbat,” kata Arief.

Ia mengingatkan, masyarakat maupun pihak swasta harus ikut bertanggung jawab untuk mengelola sampah di setiap lingkungannya. Dengan peringatan HPSN tersebut, Arief berharap pemilahan dan pemanfaatan sampah bisa dilakukan disetiap instansi baik swasta maupun pemerintah.

“Kenapa sekolah saya wajibkan Adiwiyata? Karena dimulai dari pendidikan di sekolah untuk menjaga lingkungan. Singapura mampu mengubah lingkungan menjadi lebih baik dimulai dari sekolah. Kita harus contoh itu,” bebernya.

Di tempat sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Dedi Suhada mengatakan, pemilihan dan pemanfaatan sampah jangan cuma pada tataran sosialisasi. Setelah acara ini selesai, masyarakat diharapkan sadar dalam menjaga lingkungannya.

“Kita jadikan Kota Tangerang layak huni. Yang bisa dinikmati anak dan cucu kita. Harusnya sampah bisa menjadi berkah bukan masalah. Jika pemilahan dan pemanfaatan sampah bisa diterapkan,” kata Dedi.

Camat dan Lurah yang ada di Kota Tangerang juga diharapkan harus mendorong masyarakat untuk sadar. Jangan sampai sampah transit di pinggir jalan. Karena akan mengganggu lalu lintas dan kenyamanan.

“Acara hari ini bukan seremonial tapi jadi semangat menjaga Kota Tangerang. Saya terima kasih dukungan swasta. Untuk terus menjaga lingkungan dengan tidak mencemarinya. Kita harus berupaya berinovasi. Sampah elektronik jangan dibuang sembarangan,” tandasnya.

“Kita mengajak masyarakat untuk 3R, Reduce Reuse dan Recycle. Menjaga lingkungan agar Kota Tangerang menjadi kota yang bersih dari sampah,” tutupnya.

« April 2020 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30      
Go to top