Print this page

Bawaslu Tangsel Sebut Azizah Cawalkot Paling Siap Dari ASN, Kata Pengamat Kurang Elok

Penagamat Politik Adib Miftahul Penagamat Politik Adib Miftahul
detakbanten.com TANGERANG - Pernyataan Ketua Bawaslu Kota Tangerang Selatan M Acep yang menyatakan hanya Siti Nur Azizah Cawalkot Tangsel satu-satunya siap maju pilkada Tangsel 2020 dari ASN, dianggap pengamat kurang etis dan tidak elok.
Hal tersebut dikatakan Pengamat Politik dari Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Adib Miftahul, ungkapan ketua Bawaslu Tangsel bahwa Siti Nur Azizah dinilai paling siap, akan dimaknai masyarakat sebagai ketidaknetralan Bawaslu. 
"Ungkapan ketua Bawaslu bahwa Siti Nur Azizah dinilai paling siap menurut saya kurang etis dan cenderung tidak elok," ujar Adib ketika dimintai tanggapan terkait pernyataan Ketua Bawaslu Tangsel di salahsatu media online oleh wartawan, Rabu (29/1/2020).
Adib menegaskan di pilkada Tangsel 2020 ini, ada tiga cawalkot yang masih berstatus ASN Sekda Tangsel Muhammad, Kolenel Beben dan Tomi Patria Lurah Cipayung. artinya dengan pernyataan Ketua Bawaslu tersebut dianggap mereka tidak siap.
"Nanti pengertiannya di masyarakat mereka tidak siap, kan bisa begitu," tegasnya.
Adib juga mengatakan, mestinya Bawaslu sudah tahu bahwa ASN itu sesuai UU, wajib mundur kalau sudah ditetapkan menjadi calon ketika mendaftar ke KPU.
"Jadi kalau sebelum daftar ke KPU, jangan digiring opini tidak siap dong, ini nanti dinilai merugikan kontestan yang lain," ujarnya.
Adib berharap  Bawaslu menempatikan diri sebagai satu-satunya lembaga yang diatur dalam undang-undang untuk mengawasi jalannya proses demokrasi dalam pilkada agar berjalan Jujur dan Fair. 
"Wasit harus memberikan 'tiupan pluit' yg sama kepada semua bacalon. Jangan sampai nanti masyarakat menilai bahwa bawaslu punya pluit, tapi yang membunyikan orang lain, akibat dari statemen ketua bawaslu soal siap dan tak siap. Marwah wasit Bawaslu harus tetap dijaga, guna pilkada yang jujur dan fair." pungkasnya.
 
Baca juga : Ketua Bawaslu Tangsel: Tidak Benar Itu, Kami Sebut Azizah 'Paling Siap' Maju di Pilkada 2020