Print this page

Pemkab Tangerang Raih Ke 1, Pada Program Pencegahan Korupsi Dari KPK

Pemkab Tangerang Raih Ke 1, Pada Program Pencegahan Korupsi Dari KPK

detakbanten.com TIGARAKSA -- Jelang Akhir Tahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang berada di urutan pertama dari sembilan daerah di Provinsi Banten yang berhasil menjalankan program pencegahan korupsi dari komisi pemberantasan KPK.

Berdasarkan informasi yang dihimpun pada situs laman KPK, Kabupaten Tangerang meraih skor 94 disusul Pemkot Tangerang Selatan, dengan skor 93, Pemkot Tangerang, 87, Pemprov Banten 87, Pemkot Cilegon 77, Pemkab Lebak 74, Pemkab Serang 69 Pemkot Serang 44 dan Pemkab Pandeglang 32.

Pemkab Tangerang berada pada posisi empat besar terbaik dari 542 Pemerintah Daerah yang dinilai lembaga antirasuah tersebut. Penilaian KPK ini lebih menilik pada progres area intervensi, diantaranya perencaan dan penganggaran APBD sebanyak (100%), pengadaan barang dan jasa (93%), pelayanan teepadu satu pintu (99%), kapabilitas APIP (87%), manajemen ASN (96%), optimalisasi pendapatan daerah (95%), manajemen aset daerah (96%) dan tata kelola dana desa (78%).

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar membenarkan jika Pemkab Tangerang meraih skor tertinggi pada program pencegahan korupsi dari KPK, dia berharap agar capaian ini bisa memberikan semangat kepada Pemkab Tangerang dalam melayani masyarakat. Pihaknya menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan Pemkab Tangerang dan seluruh jajarannya yang telah memiliki komitmen tinggi dalam melakukan pencegahan korupsi.

Ini juga bagian dari hasil kerja keras dan kerjasama Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dalam menyusun dan melaksanakan program pencegahan korupsi hingga erjalan dengan baik.

“Alhamdulillah kerja keras dan kerja sama seluruh OPD Kabupaten Tangerang dalam menyusun dan melaksanakan program pencegahan korupsi berjalan dengan baik. Dan ini merupakan kado ultah Kabupaten Tangerang ke-76,” ungkap Bupati Zaki, kepada Sabtu (28/12/2019).

Bupati Zaki menambahkan, guna mempertahankan prestasi dalam bidang pencegahan korupsi, dirinya berharap kepada seluruh jajarannya di OPD agar lebih fokus lagi menjalankan program- program dan praktik- praktik pencegahan korupsi.

Dengan prestasi ini pula, Pemkab Tangerang akan benar- benar mewujudkan serta memastikan bahwa pembangunan bisa berjalan secara sistematis tanpa korupsi.

“Saya berharap para pejabat OPD bisa fokus menjalankan program- program dan praktik- praktik pencegahan korupsinya,” katanya.