>

Jalur Wisata Ruas Jalan Provinsi Banten Siap Dilintasi Wisatawan Jelang Libur NATARU

detakbanten.com,SERANG - Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2019 - 2020 Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Provinsi Banten (DPUPR) Banten menjamin Ruas Jalan Provinsi Banten pada jalur akses wisata menuju Anyer dan Wisata Religi Komplek Bantenlama, aman, nyaman, siap di lintasi kendaraan wisatawan pada libur natal dan tahun baru 2020.

Dikatakan Tranggono selaku Kepala Dinas PUPR Banten, akses jalan Provinsi Banten pada ruas-ruas jalan wisata yang ada diwilayah Kabupaten Serang, Cilegon, Kota Serang, sudah layak dilintasi dengan kondisi jalan yang mulus bagi warga yang hendak berwisata dan pelancong menuju tempat wisata.

"Alhamdulilah jalan menuju jalur wisata pantai Anyer yang melalui dua akses jalan Palima-Pasar Teneng dan Gunungsari-Mancak jalur tersebut aman nyaman untuk dilintasi, selain itu juga akses pada kawasan wisata religi Masjid Banten Lama, juga jalur wisata Pelabuhan Karangantu dengan siap dilintasi. Sehingga wisatawan pun nyaman melintasi akses menuju diwilayah wisata Serang Kota dan Serang Utara,"kata Tranggono.

Ditempat terpisah, Francisco,DE.JB.ST.MM. Kepala UPTD Serang-Cilegon, DPUPR Banten, ada sebanyak 26 Ruas Jalan Provinsi Banten wilayah Serang - Cilegon yang ditangani langsung oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Serang Cilegon Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang Provinsi Banten.

"Seperti Ruas Jalan Pakupatan-Palima, Lopang- Bantenlama, Jl. Trip Jamaksari, Jl. Ayip Usman, Jl. Ahmad Yani, Jl. Tb. Ahmad Khotib, Jl. Yumaga, Jl. Mayor Safei, Jl. Raya Cilegon, Sempu Dukuh Kawung, Jl. Veteran, Jl. KH.Syamun, Simpang Taktakan- Gunungsari, Jl. Akses Pelabuhan Karanghantu, Kramatwatu-Tonjong, Gunungsari-Mancak-Anyer, Palima- Pasar Teneng, Terate-Bantenlama-Pontang, Pontang-Kronjo, Ciruas-Pontang, Ciruas-Petir-Warunggunung, Parigi-Sukamanah, Ciomas-Mandalawangi, Jl. Yasin Beji, hingga jalan Industri. Semua ruas tersebut berkondisi baik," ungkapnya.

Francisco juga menambahkan, selain Ruas Jalan Provinsi, UPTD Serang Cilegon juga menangani 146 Jembatan dengan jumlah total bentangan 1,778,38 Meter Pada semua ruas jalan di wilayah Serang-Cilegon.

"Pemeliharaan Jembatan kita sudah selesai tangani dan kita Cat Pelangi yang menandakan jembatan tersebut adalah kewenangan PUPR Provinsi Banten," tuturnya.

Selain itu lanjutnya, untuk memanjakan para wisatawan. Untuk jalan Provinsi di Kab/kota Serang Cilegon berkondisi baik semua ruas jalan provinsi Banten wilayah Serang-Cilegon dengan jumlah 26 ruas jalan dengan total panjang 238,130 Kilo Meter. Jalan berkondisi baik (178,453 Kilo meter), dan jalan berkondisi sedang (59,677 kilo meter). Untuk diketahui kerusakan Jalan saat ini pada ruas jalan provinsi Banten yang ditangani UPTD Serang-Cilegon sudah tidak ada seperti Rusak Ringan (RR) maupun Rusak Berat (RB),"Ujar Francisco.

Francisco menambahkan, dalam memasuki musim penghujan bulan Desember pada jelang Natal dan Tahun baru (Nataru) 2019-2020, UPTD Serang-Cilegon DPUPR Banten menyiapkan alat berat juga pasukan cepat tanggap 24 Jam.

"untuk mengantisipasi adanya bencana alam banjir dan longsor, kita siapkan pasukan yang akan stanby 24 jam juga alat alat penyelamatan jika ada hal hal yang tudak di inginkan,"tambahnya.

Go to top