Print this page

Zaki Launcing Layanan Lumpur Tinja Di Sepatan Timur

Zaki Launcing Layanan Lumpur Tinja Di Sepatan Timur

detakbanten.com SEPATAN TIMUR ,-Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar Melauching Program Pelaksanaan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT), Layanan Sanitasi Menyeluruh dan berkelanjutan Menuju Sanitasi Aman, Acara ini diselenggarakan di Kantor UPT IPAL Lebak wangi kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang. Kamis. (10/10/19).



Bupati Tangerang A Zaki Iskandar mengatakan, didalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Tangerang, yang menjadi sasaran utama pembangunan Urusan Perumahan adalah peningkatan cakupan pelayanan air bersih dan air minum, peningkatan sarana dan prasarana lingkungan perumahan dan permukiman, peningkatan ketersediaan bangunan yang layak huni, serta peningkatan ketersediaan saluran air limbah rumah tangga.

Lanjut Zaki, Program Layanan Lumpur Tinja ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Tangerang guna menyongsong Sustainable Development Goals 2030 dan merupakan bagian dari kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Tangerang dengan USAID IUWASH PLUS yang telah berjalan ini.

"Dengan dilaksanakannya program ini saya berharap dapat menjadi Prioritas Pembangunan yang pada akhirnya dapat meningkatkan pemerataan akses, peningkatan kualitas Sanitasi yang aman serta berbagai program penyediaan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat baik di permukiman, sekolah, dan juga di pesantren" ucap Zaki

Dinas perumahan, permukiman dan pemakan Kabupaten Tangerang Iwan Firmansyah menjelaskan, dalam rangka komitmen nyata Pemerintah Kabupaten Tangerang guna mewujudkan komitmen tersebut, kami telah memiliki regulasi Peraturan Bupati nomor 80 tahun 2017 tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik Dan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2011 Tentang Retribusi Jasa Umum yang mencakup pelayanan sedot tinja tersebut. Dengan didampingi USAID IUWASH PLUS, maka langkah inisiasi program inovasi Layanan Lumpur Tinja berbasis sistem informasi manajemen dengan menggunakan aplikasi android ini menyediakan dua jenis layanan, yakni layanan lumpur tinja terjadwal yakni dilakukan secara berkala bagi pelanggan; layanan lumpur tinja tida terjadwal, yakni dilakukan atas permintaan masyarakat (on call basis);

Penerapan sistem informasi manajemen ini membantu operator dalam mengelola data pelanggan, mengelola permintaan dan pelaksanaan layanan sedot, monitoring evaluasi, dan juga mengelola administrasi dan keuangan.

"Saya harap kepada seluruh OPD dan masyarakat untuk sama-sama bersinergi dalam mensukseskan program ini agar nantinya melalui program ini dapat membuahkan hasil optimal dan membawa manfaat yang besar bagi masyarakat Kabupaten Tangerang dan mendukung terwujudnya cita-cita dan visi Kabupaten Tangerang," kata Iwan.

Mulyadi Camat sepatan Timur Kabupaten Tangerang juga menambahkan, untuk mencapai hasil maksimal dari program ini kita harus dilandasi pula oleh komitmen yang kuat untuk bersama-sama mendukung program ini dari semua pihak dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Mudah mudahan kegiatan seperti ini terus berkelanjutan dan menyeluruh ke setiap daerah di Kabupaten Tangerang yang nantinya dapat di rasakan langsung oleh masyarakat" ujar Mulyadi.