Print this page

Penunjukan Langsung Tim Seleksi Pilkades Oleh Pemdes Disoal

Suasana saat tes pilkades (day) Suasana saat tes pilkades (day)

detakbanten.com TIGARAKSA -- Penunjukan Langsung ( PL) tim seleksi pilkades dari Institute For Community Development (ICD) oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa ( DPMPD) disoal, pasalnya sumber anggaran pelaksanaan tes ini berasal dari APBD tahun 2019 yang dititipkan kepada panitia pilkades dengan sistem auto debit dengan cara dipotong langsung oleh bendahara keuangan.



" Kami meminta transfarasi kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan desa ( DPMPD) Kabupaten Tangerang perihal penunjukan langsung kepada ICD," terang Ketua LSM Lipkor Heri Heryanto kepada wartawan.

Selain menanyakan penunjukan langsung, Heri juga mempertanyakan kinerja tim penilai dari ICD , karena pada proses pengetesan, banyak kejanggalan diantaranya peserta diperbolehkan untuk mencontek, bahkan seluruh panitia pilkades rela bergadang karena menunggu hasil test yang dibagikan secara langsung melalui surat kepada panitia.

" Anggaran per panitia nilainya 2,5 juta dikali 153 desa, jumlahnya sekitar 380juta lebih," terang Heri Heryanto.

Sebagai warga kata Heri, dirinya wajar mempertanyakan anggaran 22 miliar yang diperuntukan bagi pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Tangerang.