Print this page

Jelang Lebaran, 246 Kades Cairkan Dana Desa

detakbanten.com TIGARAKSA -- Pemkab Tangerang melalui dinas pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa (DPMPD) segera mencairkan dana desa tahun 2019.

Pada tahun 2019 total anggaran desa secara keseluruhan nilainya mencapai Rp 598.9 miliar. dengan rincian Rp. 280, 5 Mimiar berasal dari dana desa (DD) yang bersumber dari APBN, Rp 144.2 Miliar alokasi dana desa ( ADD) yang bersumber dari APBD Kabupaten Tanggerang , Rp 156.6 miliar dari alokasi dana bagi hasil pajak , dan Rp 17.4 miliar dari dana bagi hasil retribusi .

" Sebelum lebaran, kami pastikan kepala desa sudah menerima dana desa (DD) tahap pertama sebesar 20%, alokasi dana desa tahap pertama 60%, dan tahap pertama 60% dari alokasi bagi hasil pajak dan retribusi" terang Banteng Indarto, kadis pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa ( DPMPD) saat dihubungi di ruang kerjanya Kanis (16/05/2019).

Banteng Indarto mengatakan, DPMPD akan mencairkan dana desa pada bulan mei ini dengan catatan kepala desa sudah membuat surat pertanggung jawaban ( SPJ) sebagai kelengkapan administrasi, karena dana desa yang dicairkan harus benar-benar dipergunakan untuk pembangunan desa.

" Kami akan melakukan monitoring, ke semua desa, jika diselewengkan maka kades akan berusuan dengan hukum" tandasnya.

Sementara Dikdik Staf dinas pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa (DPMPD) mengatakan , pada tahap pertama dana desa ( DD) , alokasi dana desa ( ADD) dan Dana bagi hasil pajak dan retribusi akan dicairkan pada bulan mei ini, untuk tahun 2019 ini, kepala desa memerima dana desa sebesar Rp 1.3M , ADD 589 juta, sementara untuk dana bagi hasil pajak dan reteibusi tergantung pendapatan daerah masing-masing.

Related items