Print this page

PDAM TKR Optimis Bisa Capai Target 60 Persen Memberikan Air Bersih

PDAM TKR Optimis Bisa Capai Target 60 Persen Memberikan Air Bersih

detakbanten.com TANGERANG, -- Dalam melayani kebutuhan air bersih masyarakat Kabupaten Tangerang, PDAM Tirta Kerta Raharja klaim akan mencapai target 60 persen masyarakat akan mendapati pasokan air bersih.

Target 60 persen tersebut dari hasil Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

Direktur Utama PDAM TKR Rusdi Mahmud mengungkapkan, untuk mencapai target tersebut, tentu perlunya baku air bersih tambahan.

"Debit air yang kita punya saat ini ada 5000 sekian, sedangkan kita masih butuh 2.700 liter per detik lagi. Rencananya untuk 5 tahun kedepan ini akan terpenuhi,” ujarnya saat ditemui awak media usai acara Hut PDAM TKR ke 43, Senin (29/04/2019).

Rusdi menambahkan, nantinya untuk menambah baku air bersih, pihaknya akan membangun bendungan hilir.

"Pertumbuhan penduduk yang makin tinggi di Kabupaten Tangerang, kami akan membuat merencanakan pembuatan bendungan hilir air untuk menambah debit air untuk mengaliri air di 270000 aliran air bersih se Kabupaten Tangerang," terangnya.

Walaupun debit air saat ini terbatas, pelayanan kepada masyarakat terus berjalan dengan baik dan akan terus berjalan hingga maksimal.

Sementara, menurut Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, di usia PDAM Titra Kerta Raharja yang saat ini sudah menginjak angka 43 tahun banyak tantangan-tantangan yang harus dihadapi.

“Tantangannya ya karena keterbatasan sumber air baku, anggaran, kewenangan, dan lain sebagainya,” ucap Zaki.

Beberapa hal yang perlu ditekankan adalah Pemerintah Kabupaten Tangerang merencanakan pembuatan bendungan di hilir Kali Cisadane untuk mengatasi kekurangan air baku.

“Seperti kemarin kan banjir nah itu melimpah, ada baiknya itu kita manfaatkan. Nanti kita buat kajiannya dengan kementrian terkait, begitu juga normalisasi sungai-sungai atau situ yang ada di Kabupaten Tangerang,” tandasnya.