Pelipatan Surat Suara, KPU Kota Serang Libatkan Pihak Ketiga

Pelipatan Surat Suara, KPU Kota Serang Libatkan Pihak Ketiga

detakbanten.com, Kota Serang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang melibatkan pihak ketiga untuk pelipatan surat suara pemilihan umum (pemilu) tahun 2019. Pelipatan itu dilakukan di gudang KPU Kota Serang, Cinanggung, Kota Serang (27/2/2019).

"Ini adalah hari pertama pelipatan surat suara, dari pihak ketiga menyediakan sekitar 30 orang, kita minta sih minimal 100 orang perhari," kata Ketua KPU Kota Serang Ade Jahran, ditemui di gudang KPU Kota Serang.

Ade Jahran mengatakan, dengan jumlah surat suara yang mencapai 2 Juta lebih, pihaknya menargetkan kepada pihak ketiga untuk pelipatan surat suara 3 minggu sudah beres semua. Sehingga harus menambah orang.

"Makanya saya sarankan kepada pihak ketiga, untuk menambh orang, minimal 100 orang perhari. Jangan sampai nanti di tengah jalan ga ada orang. Ini tanggung jawab pihak ketiga, dengan anggaran 190 juta, kita sudah membayar kepada pihak ketiga karena kita bisa menekan pihak ketiga," terangnya.

Dalam pelipatan surat suara ini, lanjut Ade, pihaknya tidak main-main dalam pelipatan surat suara persoalan yang utama. Sehingga ini di kerjakan oleh yang sudah profesional.

"Sesuai dengan SK KPU ada kriterianya, misalkan tidak ada kuku panjang, tidak boleh ga nawa gunting, HP, tas dan tidak boleh bawa minuman, yang berakibat surat suara yang rusak, harus steril," ujarnya.

Kalo ada surat suara yang rusak, nanti kita kumpulkan kita serahkan ke pengawas, dan kita hitung ada berapa yang rusak dan berapa yang tidak rusak, sesuai ngga dengan jumlah yang sekarang, kalo sisanya harus ada berita acaranya bisa saja nanti kita musnahkan," tambahnya.

Dikatakan Ade Jahran, pada pemilu 2019, jumlah surat suara yang dilipat mencapai 2.300.000 lembar surat suara. Yang terdiri dari Surat Suara DPRD Kota Serang, DPRD Provinsi Banten dan DPR RI.

"Untuk surat suara Capres dan cawapres dan DPD itu belum, kita sambil nunggu tanggal 2 atau tanggal 5 maret ada surat suara yang datang lagi, lengkaplah semua nya," jelasnya.

 

 

Go to top