Musik Tradisional Barak Karinding Angkat Potensi Seni Daerah

Musik Tradisional Barak Karinding Angkat Potensi Seni Daerah

detakbanten.com, SERANG - Belakangan ini semakin banyak kalangan anak muda yang mulai peduli dengan budaya seni musik tradisional di era digital. Salah satunya, komunitas Seni Pedepokan Barak Karinding asal balaraja, Kabupaten Tanggerang yang turut mengangkat musik tradisional khas sunda ini.

Komunitas tersebut merupakan wadah atau jembatan untuk anak-anak muda yang kreatif dalam pelestarian seni musik tradisional. Diketahui,  alat-alat musik Barak Karinding  terbuat dari bahan baku bambu seperti karinding, celempung tunggal, celempung renteng, gongti, saluweng, kohkol, tarawangsa, angklung dan suling.

Selain itu, Komunitas Barak Karinding juga memadukan seni musiknnya dengan alat-alat modern yaitu Gitar untuk mengiringi musik karinding lebih menarik. 

Ketua Umum Seni Padepokan Barak Karinding, Amhad Lamhatul Lamnori mengatakan, bahwa awal berdirinnya Barak Karinding pada tahun 2011, melalui pesta seni 17 agustusan di Kampung Jaha, Desa Sentul, Kabupaten Tanggerang.

"Jadi awalnnya kita hanya melestarikan di kampung Jaha, dengan merekrut anak-anak muda di sekitar kampung," ungkapnya usai mengisi Program Griya Abah di Kantor Sultan TV, Banjarsari,  Kota Serang,  Jum'at (18/1/2019).

Dijelaskan Lamhatul, seiring berjalannya waktu, Kamunitas Seni Padepokan Barak Karinding pun semakin dikenal oleh masyarakat disekitar Banten hingga luar Banten. Sampai akhirnnya, Barak Karinding pun bisa tampil di acara-acara besar.

"Seperti di acara Gong Perdamaian dunia di Jawa Barat, Bandung Land festival, dan terakhir di Madaya Katam Kabupaten Tanggerang. Kita juga bangga bisa melestarikan seni musik tradisional Banten,  keliling Indonesia," tandasnya.

Seperti diketahui, Seni musik yang dimainkan oleh Komunitas Padepokan Barak Karinding adalah musik konterporer. Bahkan sesekali merubah genre menjadi musik pop.

 

 

Go to top