Peringati Bulan Bahasa TBM Mekar Baru Buka Lapak Baca Gratis

detakbanten.com MEKAR BARU - Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa Komunitas Literasi Taman Baca Masyarakat (TBM) Cahaya Ilmu Mekar Baru menggelar Lapak Baca Buku Gratis di sekolah SMK Negeri 5 Kabupaten Tangerang Mauk, dalam rangka turut memeriahkan acara lomba Debat, Karya Cipta Puisi dan Stand Up Comedy tingkat Kabupaten Tangerang. Kamis, (18/10/2018).

Ketua TBM Cahaya Ilmu Mekar Baru Kusni  mengatakan, lapak Baca Buku Gratis itu merupakan program rutin mingguan untuk menyasar anak-anak, para pelajar, bahkan seluruh lapisan masyarakat lainnya.

Tujuan gerakan membaca tersebut adalah untuk menyebarkan virus membaca di tengah masyarakat Kabupaten Tangerang, yang kurang berminat akan tradisi membaca dan kali ini kita bekerja sama dengan SMK 5 Kabupaten Tangerang untuk menggelar Lapak Baca Buku Gratis.

"Tujuan kami untuk meningkatkan budaya membaca di masyarakat. Karena kebanyakan siswa menggunakan waktu istirahatnya hanya untuk bermain, dengan kehadiran lapak baca buku gratis ini bisa menjadi alternatif bagi mereka menggunakan waktu istirahatnya untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan dengan buku bacaan yang kami sediakan". ujar Kusni.

Bertepatan dengan event bulan bahasa yang digelar di SMK 5 Kabupaten Tangerang ini TBM Cahaya Ilmu Mekar Baru menyediakan ragam buku bacaan menarik bebas dibaca yakni buku-buku pelajaran, pengetahuan umum, komik, keagamaan, ilmu sosial, politik, novel remaja, dan masih banyak lainnya.

Sementara itu A'ang Junaedi (21) selaku ketua panitia pelaksana mengatakan, pihaknya mengapresiasi kehadiran teman-teman pegiat Literasi dari TBM Cahaya Ilmu Mekar Baru yang memang memberikan warna baru di sekolah kami.

Dengan kehadiran Lapak Baca Buku Gratis ini, para siswa bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan tentang sesuatu hal yang tak mereka temui di sekolah, saya kira hal-hal seperti ini sangat urgen sekali kita galakkan di Masyarakat, dengan tangan-tangan sastra, kita genggam dunia. Ungkapnya.

A'ang Junaedi berharap dengan hadirnya lapak baca tersebut budaya membaca kian menjadi kebiasaan sehingga masyarakat umum tidak lagi tertipu oleh informasi hoax yang beredar di dunia maya.

"Semoga masyarakat khususnya kaum pelajar di Kabupaten Tangerang menyadari pada zaman seperti ini penting membudayakan membaca. Apabila banyak membaca bisa membedakan informasi yang diterima. Berjalannya waktu bisa menjadi masyarakat yang kritis ketika rajin membaca," katanya.

« November 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30    
Go to top