Lima Situ di Kabupaten Tangerang Direvitalisasi

detakbanten.com TIGARAKSA - Lima situ di Kabupaten Tangerang akan segera direvitlisasi. Kelima situ tersebut adalah situ Cilongok, Situ Gelam, Situ Garukgak, Situ Patrasana, dan Situ Gelam.

Kepala Dinas Binamarga dan SDA Kabupaten Tangerang Slamet Budi Mulyanto mengatakan, dari lima situ yang kondisinya sudah berubah hampir menjadi daratan adalah situ Patrasana, Garukgak dan Gelam. Sementara dua situ yang sudah direvitalisasi pada tahun 2017 adalah Situ Cilongok dan Pondok, Sindang Jaya, namun progresnya belum mencapai 100 persen. "Pemkab Tangerang sudah mengusulkan lima situ kepada balai besar kementrian PUPR agar tahun 2018 bisa direvitalisasi, agar situ bisa difungsikan kembali," katanya.

Slamet menambahkan, keberadaan situ sangat penting sekali, karena selain berfungsi sebagai tandon dan embung air, situ juga akan mencegah terjadinya banjir. "Pengelolaan Situ ada dibawah Balai Besar kementerian, Pemkab Tangerang sudah berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga dan melestarikan situ karena bisa bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Sementara ketua Karang Taruna Pasar Kemis Hasan PM mendukung langkah Pemkab Tangerang yang akan merevitalisasi Situ yang ada di Pasar Kemis dan Sindang Jaya, menurutnya, langkah tersebut sangat tepat karena Pasar Kemis merupakan daerah yang jumlah penduduknya sangat padat, dia berharap agar usulan revitalisasi ini bisa direalisasikan oleh kementrian PUPR. "Kondisi Situ harus kembali sesuai dengan fungsinya, karena air merupakan kebutihan masyarakat, yang harua dilestarikan apalagi jika musim kemarau warga kesulitan mencari air," tandasnya.

« June 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
Go to top