Pasca Kebakaran, Warga Kronjo Minta Pos Damkar Difungsikan

detakbanten.com KRONJO - Pasca terjadinya kebakaran di desa Pasilian yang menimpa toko mebeul beberapa waktu lalu, warga Kronjo berharap agar Bangunan Pos Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kampung Pasar Baru, Desa Pasilian, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang segera dipungsikan, karena saat ini bangunan tersebut dalam kondisi terbengkalai. Warga berharap dengan dipungsikannya bangunan tersebut, jika ada musibah kebakaran di Kronjo bisa segera ditanggulangi dan bisa meminimalisir korban kebakaran.

Salah seorang warga Kampung Pasilian, Desa Paslian, Kecamatan Kronjo Jaijudin mengaku heran dan meyangkan Pos Damkar yang sudah selesai bangun tidak segera difungsikan oleh BPBD Kabupaten Tangerang. Sehingga saat ini kondisi bangunannya sudah mulai mengalami kerusakan .

“Sayang jika tak dimanfaatkan karena saya yakin untuk membangunnya memerlukan dana yang tak sedikit,” jelas Jainudin.

Menurut Jainudin jika pos Damkar Kronjo tersebut difungsikan maka bila ada terjadi kebekaran tentunya akan mempercepat penanganannya. Karena saat ini jika terjadi kebakaran harus menunggu dari mobil damkar dari Sepatan atau daerah lainnya yang tentunya membutuhkan waktu untuk sampai ke tempat kejadian.

“Jika ada pos damkar maka kebakaran di wilayah Kronjo akan cepat ditangani sehingga bisa menekan kerugian termasuk korban.” Jelasnya.

Jainudin berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui BPBD segera memfungsikan Pos Damkar Kronjo untuk ditempati oleh petugas Damkar sebab bila tidak segera ditempati dikhawatirkan bangunannya akan rusak dan akan menjadi tempat pembuangan sampah. “Saya yakin bila sudah difungsikan tidak akan ada yang buang sampah di samping Pos Damkar,” harapnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Badan Penangulan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Tangerang Agus Suryana membenarkan, Pos Damkar Kronjo yang sudah selesai dibangun pada tahun 2015 hingga kini belum ditempati oleh petugas Damkar. Menurut Agus tidak ditempati Pos Damkar Kronjo karena pihaknya kekurangan personil dan peralatan Damkar.

Namun demikian, Agus memastikan bahwa Pos Damkar Kronjo akan ditempati pada tahun yang akan datang. "Pos Damkar Kronjo akan ditempati pada 2019 mendatang. Saat ini, kita sedang mengajukan penambahan personil dan peralatan Damkar ke Pemkab Tangerang," singkatnya Agus melalui telepon.

Sementara itu, , Camat Kronjo Asmawi mengatakan pihaknya sudah beberapa kali menyampaikan ke BPBD Kabupaten Tangerang untuk segera memfungsikan Pos Damkar Kronjo. Namun hingga saat ini belum ada tindak lanjut.

"Saya juga berharap, Pos Damkar Kronjo agar bisa cepat ditempati agar bila ada terjadi kebakaran di Kronjo dan sekitarnya bisa cepat diantisipasi," pungkasnya.

« December 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31            
Go to top