Peserta Kirab Budaya Nusantara di Binong, Tampilkan Baju Adat Se-Indonesia

Detakbanten.com CURUG -- Peserta kirab budaya nusantara di Kelurahan Binong Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang menampilkan atraksi memukau, seluruh baju adat nusantara ditampilkan dalam kirab budaya nusantara yang digelar koordinator forum RW Kelurahan Binong pada Minggu (19/08/2018). Acara tersebut digelar dalam memeriahkan HUT kemerdekaan republik Indonesia ke 73. PJ Bupati Tangerang Komarudin nampak hadir dan melepas peserta kirab. Acara ini juga diakhiri dengan pembagian door prize.

Masing- masing peserta dari RW 1 samapi dengan RW 22 memakai baju adat istiadat dari berbagai provinsi di Indonesia, salah satunya baju adat gorontalo yang dipertunjukan oleh pesert dari RW 01, sementara peserta dari RW 12 terlihat memakai adat Papua, peserta yang ikut meramaikan kirab juga berasal dari sekokah swasta dan negeri dan organisasi kepemudaan. Peserta kirab berjalan mengelilingi jalan Binong, dan komplek perumahan Taman Ubud Lipo Karawaci.

Lurah Binong Imas Masitoh mengatakan, HUT kemerdekan republik indonesia Ke 73 ini merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena 73 tahun yang lalu indonesia lepas dari belenggu penjajah, ratusan tahun Indonesia diadu domba oleh penjajah, apalagi Indonesia memiliki banyak suku, bangsa dan bahasa.

"Melalui karnaval budaya ini, kami ingin mengajak kepada warga betapa pentingnya menjaga kerukunan, apalagi di Binong ini jumlah penduduknya banyak, dan berbagai suku, bangsa dan agama ada di sini senuanya" terang Imas.

Imas mengatakan, acara karnaval ini merupakan bukti bahwa warga Binong tetap kompak meskipun banyak suku dan agama, bahkan kata Imas, neaki acara ini merupakan swadaya masyarakat, dan banyak juga pihak yang terlibat di antaranya anggota DPRD yang berasal dari Curug, diantaranya H Muhamad Faisal, Inas Nasrullah, Ahyani, dan caleg DPRD Kabupaten Tangerang Usup Supriatno.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Binong, terutama forum koordinator RW Kelurahan Binong, karena sudah mensukseskan acara karnaval ini dengan lancar" tandasnya.

PJ Bupati Tangerang Komarudin mengatakan, acara karnaval budaya ini merupakan wujud kebineka tunggal ikaan, karena wargab Binong dengan latar belakang berbeda bisa bersatu, bahkan semua baju adat dipertunjukan.

"Saya mengapresiasi acara karnaval budaya nusantara di Kelurahan Binong ini, bahkan say menginginkan ini menjadi role model di kelurahan dan desa di Kabupaten Tangerang" tandasnya. (infokom)

« December 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31          
Go to top