Print this page

Kabupaten Tangerang Tuan Rumah HUT Pramuka Tingkat Provinsi

Kabupaten Tangerang Tuan Rumah HUT Pramuka Tingkat Provinsi

detakbanten.com TIGARAKSA - Kabupaten Tangerang menjadi tuan rumah dalam perayaan HUT Pramuka ke 57 tingkat Provinsi Banten, yang akan digelar pada Sabtu, (18/8/2018).

Upacara bertajuk 'gelar senja' itu dipusatkan di Lapangan Maulana Yudha Negara kawasan Pemerintah Kabupaten Tangerang di Tigaraksa.

Bertindak pembina upacara, dalam gelar senja Gubernur Banten Wahidin Halim yang juga Ketua majelis pembimbing daerah (Kamabida) Kwartir daerah Banten.

Sekretaris Kwartir cabang Pramuka Kabupaten Tangerang Dadang Sudrajat mengatakan, hari jadi Pramuka ke-57 ini akan diikuti 3.600 peserta Pramuka se-Provinsi Banten dari tingkat Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega.

Dari jumlah keseluruhan peserta sebanyak 640 Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega akan disematkan Lencana Pramuka Garuda oleh orangtua atau wali peserta didik, penyematan Lencana Darma Bakti, Lencana Panca Warsa oleh Ketua Kwartir daerah Pramuka Provinsi Banten Masduki.

"Kegiatan dalam rangka HUT Pramuka ini juga disisi dengan berbagai kegiatan seperti lomba menulis berita di kalangan Pramuka," kata Dadang

Dadang menyebutkan para peserta lomba adalah para Penegak dan Pandega yang telah mengikuti pendidikan latihan (Diklat) jurnalistik di Bumi Perkemahan Kitri Bhakti Curug, Kabupaten Tangerang.

Dadang berharap gelar senja ini menarik perhatian masyarakat luas, khususnya generasi muda di Banten. Apalagi dari Satuan karya (Saka) Dirgantara akan menampilkan atraksi paramotor.

Tentu saja Pramuka ini telah terlatih dalam olahraga yang memadukan petualangan dan wisata ini dibutuhkan keberanian yang tinggi untuk menekuni paramotor ini.

"Dibutuhkan skill untuk mengendalikan parasut serta mesin atau motor yang berfungsi sebagai alat bantu menjelajah," kata Dadang.

Dengan digelarnya kegiatan kepramukaan di Tigaraksa ini kata Dadang diharapkan menarik minat para generasi muda untuk berperan aktif dalam membangun Indonesia melalui Pramuka.

"Pramuka juga menjadi perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sehubungan acara cukup meriah maka panitia meminta masyarakat bisa memaklumi ada kemacetan di kawasan Puspemkab Tangerang," tandasnya. (infokom)