Disdukcapil dan LSM Geram Canangkan Gerakan Sadar Administrasi Kependudukan

detakbanten.com JAYANTI -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), mencanangkan Gerakan Sadar Adminduk (GISA) yang dilaksanakan di Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Senin (16/4/18). Dalam acara yang berlangsung meriah ini, LSM Geram dipercaya menjadi penggerak dalam program GISA. Acara tersebut dihadiri Pejabat Bupati Tangerang Komarudin.

Kepala Disdukcapil, Syafrudin mengatakan, GISA merupakan program nasional yang sedang digalakkan oleh Pemerintah.

"Gerakan Sadar Adminduk (GISA) ini, merupakan komando dari pusat dalam hal ini Kemantrian dalam negeri yang diteruskan kepada Gubernur, Walikota/Bupati se Indonesia," kata Syafrudin dalam sambutannya, Senin (16/4/2018).

Syafrudin menjelaskan, dari jumlah pemohon administrasi kependudukan yang masuk ke Disdukcapil, baru sekitar 70 persen yang sudah dicetak.

"Dari seluruh pemohon akte kelahiran baru 70 persen yang sudah berhasil dicetak dan selebihnya masih dalam proses," ujarnya.

Ketua Penyelenggara pencanangan Gerakan Sadar Adminduk (GISA) di Kecamatan Jayanti, Alamsyah mengaku sangat bersyukur, bahwa Kecamatan Jayanti merupakan wilayah paling barat di wilayah Kabupaten Tangerang, menjadi tepat pencanangan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) tersebut.

Ia menyebutkan, khusus bagi warga Jayanti, pihaknya menargetkan sebanyak 1000 akte kelahiran yang dapat diterbitkan, namun baru terakomodir sebagian atau sekitar 400 akte kelahiran.

"Dari 600 berkas yang diajukan, baru sekitar 400 yang sudah jadi, sisanya masih dalam proses," ujar Alamsyah.

Alamsyah mengaskan, adanya Gerakan Sadar Adminduk (GISA) ini, sangat disambut baik oleh masyarakat luas yang membutuhkan administrasi kependudukan.

"GISA ini sangat disambut oleh masyarakat, apa lagi dengan adanya sistem jemput bola akan sangat membatu mempercepat proses administrasi kependudukan," jelasnya

Sementara itu, Pj Bupati Tangerang Komarudin, mengungkapkan, Gerakan Sadar Adminduk (GISA) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang berkaitan dengan administrasi kependudukan.

"Ini merupakan bagian kemasan pelayanan pemerintah terhadap masyarakat untuk memenuhi kebutuhan administrasi kependudukan yang merupakan hak bagi setiap warga," akunya.

Ia juga mengakui, hingga saat ini, masih terdapat kendala terkait pencetakan e-KTP, karena masih minimnya blangko.

"Ya, seperti diketahui, bahwa pencetakan e-KTP sering terkendala karena minimnya blako yang dikirim dari pusat," pungkasnya.

« September 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30            
Go to top