KPU Launching Aplikasi SIPIL

detakbanten.com KOTA TANGERANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang launching Aplikasi SIPIL ( Sistem Informasi Pemilihan ) untuk pemilihan calon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang 2018.

Hal tersebut di katakan oleh Komisioner Divisi Perencanaan dan Data Ahmad Syailendra saat launching 'Aplikasi SIPIL' di Hotel Allium, Jl. Benteng Betawi, Cipondoh Tangerang, Selasa (27/3/18) siang pada rekan - rekan media.

Menurutnya, dalam aplikasi SIPIL itu ada layanan menu yang dapat mengkroscek dimana lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) warga kota Tangerang yang sudah terdaftar di 3.091 TPS yang ada di 104 kelurahan di Kota Tangerang.

Selain itu, masyarakat bisa mengetahui alur data pemutakhiran dari daftar pemilih menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) lalu terdaftar di DPT. Juga bisa mengetahui hasil akhir pada saat hari pencoblosan nanti bahkan berapa angka pemilih.

"Ya, warga juga bisa mengkroscek diri sendiri melalui cek NIK and KK di sipil.kpu_tangerangkota.go.id," jelasnya.

Syailendra juga menuturkan, apabila ada warga yang belum terdaftar bisa cek menu daftar dan isi identitas sesuai KTP yang nanti oleh petugas akan di kroscek dan turun ke kelurahan atau bisa datang langsung ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di 104 kelurahan.

Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi Pane menambahkan, aplikasi Sipil sudah digarap oleh KPU Kota Tangerang kurang lebih selama empat bulan terakhir dan hari ini dilaunching agar dapat digunakan oleh masyarakat Kota Tangerang.

Aplikasi ini tidak hanya untuk sekadar mengecek data pemilih kita tapi juga nanti kita bisa didalamnya berbagai urusan berkaitan dengan Pilkada ada komposisi calon dengan visi misinya bisa juga mengecek angka partisipasi pemilih saat pemilihan dilaksanakan dan bahkan bisa melihat langsung hasil pemilihan yang akan diselenggarakan pada Rabu 27 juni 2018.

"Ini merupakan satu-satunya aplikasi dari 171 penyelenggara Pilkada serentak se-Indonesia yang dibuat oleh KPU tingkat kabupaten dan kota, di tingkat nasional ada aplikasi sistem informasi data pemilih (Sidalih) kalau KPU kota Tangerang buat Sipil," ujar Sanusi.

Sanusi juga mengatakan, kalau Sidalih hanya untuk mengecek data pemilih saja tapi kalau kita include di dalamnya kegiatan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Ini merupakan bentuk kinerja dan transparansi terhadap hak-hak pemilih yang ada di kota Tangerang dalam pelaksanaan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota tahun 2018.

Sementara tim pemenangan Calon Walikota dan Wakil Walikota 2018 Arief - Sachrudin, Asep Bastian sangat mengapresiasi kinerja KPU kota Tangerang yang sudah melaunching Aplikasi SIPIL tersebut.

Dalam kesempatan itu, Asep mengungkapkan kegembiraannya yang menurutnya, ini salah satu upaya untuk memenuhi target dalam pemilihan nanti. Untuk sama-sama meningkatkan target pemilih yang sudah ditargetkan.

"Mudah - mudahan ini akan membantu masyarakat dan tim untuk memperoleh informasi yang akan kami serap dari tahap DPT sampai tahap pencoblosan sehingga akan terwujudnya demokrasi pemilu 2018," pungkasnya.

« August 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31  
Go to top