Gubernur WH Ajak Orang Tua Bangun Komunikasi Yang Baik dengan Anak

Gubernur WH Ajak Orang Tua Bangun Komunikasi Yang Baik dengan Anak

Detakbanten.com Serang-Pemprov Banten melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Provinsi Banten melaunching Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di Pendopo Gubernur Banten KP3B, Curug, Kota Serang, Jumat (23/3).

Kepala Dinas DP3AKKB Provinsi Banten Siti Ma’ani Nina menjelaskan, PATMB merupakan sebuah gerakan dari jaringan atau kelompok warga pada tingkat masyarakat yang bekerja secara terkoordinasi untuk mencapai tujuan perlindungan anak.

“Ini adalah respon cepat terkait dengan pencegahan kekerasan terhadap anak, kita bantu dorong kabupaten/ kota layak anak, menuju Provinsi Banten yang layak anak," kata Nina.

Menurutnya, melalui PATBM ini persoalan kekerasan terhadap anak bisa dihilangkan serta berkurangnya faktor-faktor penyebab permasalahan dan resiko-resiko kekerasan terhadap anak yang telah atau mungkin terjadi, baik pada anak, keluarga, dan masyarakat.

“Maka sasaran dari kegiatan ini adalah anak, orang tua, keluarga, dan masyarakat yang ada di wilayah PATBM dilaksanakan,” ujar Nina seraya menyebutkan selain instansi pemerintah banyak unsur yang terlibat dalam kegiatan ini seperti tokoh agama, penegak hukum, forum anak, lembaga layanan kesehatan dan sebagainya.

Gubernur Banten Wahidin Halim menegaskan, banyaknya kasus kejahatan terhadap anak yang saat ini terjadi, tidak terlepas dari kurangnya perhatian orangtua terhadap anak. Selain menjadi korban aneka kejahatan, anak pun banyak mengalami hal buruk akibat lengahnya orangtua dalam mengawasi aktivitas anak.

Untuk itu Gubernur berharap agar orangtua, khususnya ibu, agar sepenuhnya mencurahkan perhatiannya kepada anak.

“Anak itu tergantung kepada pendidikan keluarga. Kalau emak-nya kerja, bapaknya kerja, kadang-kadang emak-nya selfie terus, anak lari-lari kemana-mana jangan harap jadi sesuatu. Gara-gara banyak selfieanaknya nyebur ke kali. Jangan banyak selfie, perhatikan anak,” pinta Wahidin Halim

Menurutnya, perhatian serta kasih sayang sangat penting bagi anak. Bukan hanya untuk menjaganya dari tindakan kejahatan dan hal-hal buruk, namun juga untuk tumbuh kembang serta masa depan anak tersebut.

“Coba, bangun hubungan komunikasi. Paling penting hubungan keluarga. Penuhi kasih sayangnya. Kenapa tidak kita yang didik, kenapa tidak kita berikan kasih sayang. Emak-nya kerja, diserahkan ke asisten rumah tangga. Kita tidak tahu dikasih apa anak kita. Kita tidak tahu susu yang kita beli benar-benar diberikan kepada anak kita atau tidak,” ucap WH.

Saat masih kecil, pria yang kerap disapa WH itu mengaku tumbuh ditengah perhatian yang sangat besar dari kedua orangtuanya. Ibunya menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya, dan ayahnya seorang guru. Hal ini  membuatnya tidak kekurangan perhatian dan kasih sayang dari orangtuanya.

“Saya bahagia, dibesarkan oleh ibu yang tidak bekerja, ayah seorang guru. Setiap hari saya hidup bahagia, meski saya susah, kadang makan dua hari sekali. Tidur satu tempat bareng. Nimba di sumur bareng, tidak pernah putus hubungan setiap hari. Makan bareng, gak makan juga bareng. Komunikasi terbangun,” ucapnya.

PATBM ini sendiri menurut Gubernur merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada anak yang ada di Banten. Namun menurutnya, program-program pemerintah tetap memerlukan dukungan masyarakat.

“Saya sudah bilang ke Bu Nina (Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan dan Keluarga Berencana) untuk terus membuat program perlindungan anak, tapi harus yang konkret,” pintanya.

 

Baca Juga : Pemprov Banten Akan Bangun Pendidikan Berkualitas

 

 

Go to top