RSUD Kabupaten Serang Maksimal Pelayanan kepada Masyarakat

Detakbanten.com Advertorial-Rumah Sakit umum Daerah Kabupaten Serang atau RSUD dr. Dradjat Prawiranegara, sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten serang nomor: 12 Tahun 2014 tentang Pemberian Nama Rumah Sakit, merupakan salah satu rumah sakit yang memiliki beberapa fasilitas umum yang memberikan jasa pelayanan dalam aspek kesehatan bagi masyarakat.

Oleh sebab itu, pelayanan yang baik dan memuaskan bagi masyarakat terutama pasien, adalah hal yang utama dan perlu untuk diperhatikan. Sebab apabila pelayanan yang diberikan kepada pasien membuat pasien puas dan merasa diperlakukan dengan baik , hal tersebut akan berimbas baik pula kedepannya dimana masyarakat akan mempercayakan pelayanan kesehatannya kepada rumah sakit umum tersebut.

Rumah Sakit Umum Daerah Serang adalah rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Serang yang terletak di Kota Serang. Sesuai dengan UU tentang pelayanan publik pada tahun 2009, Pemerintah kabupaten serang melalui pelayanan RSUD kabuapten serang melayani baik kepada masyarakat serang.

Apa lagi pelayanan rumah sakit, sebagai pusat pelayanan kesehatan bagi masyarakat, tidak boleh tidak pun harus memberikan pelayanan kesehatan yang sebaik-baiknya.

Untuk itu diperlukan adanya kerja sama yang sinergis dari berbagai komponen,
RSUD Kabupaten Serang menyediakan berbagai jenis pelayanan medis spesialistik, umum, penunjang medis dan rehabitasi medik, serta bekerjasama menyelenggarakan kegiatan pendidikan dengan Perguruan Tinggi swasta baik yang dari Jakarta maupun yang berasal dari Serang dan Cilegon.

Jumlah ketenagaan yang dimiliki RSUD adalah sekitar 1.120 orang yang terdiri dari tenaga medis, tenaga keperawatan, tenaga farmasi, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga gizi, tenaga terapi fisik, tenaga keteknisan medis dan tenaga non kesehatan lainnya.

Dengan demikian, kabupaten serang melaui RSUD menjadi suatu keharusan bagi rumah sakit yakni membuat suatu sistem manajemen pelayanan kesehatan rumah sakit yang mencakup semua aspek yang diperlukan untuk terlaksananya sistem pelayanan yang efisien dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, perlu diterapkannya manajemen yang baik guna mendukung tercapainya penyediaan pelayanan kesehatan yang baik bagi masyarakat.

Pelayanan kesehatan mencakup semua pelayanan yang bertumpu pada diagnosis suatu penyakit dan perlakuan yang harus diberikan, atau sistem promosi, perawatan dan restorasi kesehatan. Hal ini mencakup pelayanan kesehatan yang bersifat personal dan non personal.
Pelayanan kesehatan merupakan fungsi yang paling mudah nampak dari semua sistem kesehatan, baik kepada pengguna maupun terhadap masyarakat umum.

Penyediaan layanan menunjukkan semua input yang dapat mendukung pelayanan kesehatan seperti berbagai input dana, staf, peralatan dan obat-obatan.

Peningkatan akses, kemampuan dan kualitas pelayanan tergantung pada ketersediaan semua pendukung tersebut, mutu dari terorganisasinya suatu sistem dan manajemen yang berlaku, dan juga besarnya insentif yang diberikan kepada para pelaku teknis.

Berkaitan dengan hal tersebut, instansi rumah sakit sebagai pusat pelayanan kesehatan bagi masyarakat, perlu untuk membangun suatu sistem manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan rumah sakit, manajemen pelayanan kesehatan yang baik, sehingga pelayanan yang diberikan dapat berjalan dengan sangat efisien dan memiliki mutu yang dapat diandalkan, yang mampu memberikan pelayanan prima atau sering disebut Service Excellence atau Excellent Service.
Perlu adanya inovasi, perlu adanya upgrade dalam hal paradigma manajemen yang mengacu kepada kepentingan dan tuntutan kebutuhan dari para pasien atau masyarakat. (Advertorial)

« October 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31        
Go to top