KPU Kabupaten Tangerang Verifikasi Partai Golkar

Verifikasi faktual DPD II Golkar Kabupaten Tangerang. Verifikasi faktual DPD II Golkar Kabupaten Tangerang. Iday

Detakbanten.com TIGARAKSA - Sesuai intruksi Mahkamah konstitusi (MK) tentang kewajiban peserta pemilu 2019 yang wajib mengikuti verifikasi faktual.

KPU Kabupaten Tangerang langsung melakukan verifikasi faktual kepada pengurus DPD II Partai Golkar Kabupaten Tangerang. Verifikasi faktual yang dilakaukn KPU Kabupaten Tangerang dilakukan pada Rabu, (31/1/2018) di kantor DPD Golkar Jalan Raya Pemda Tigaraksa.

Sedikitnya 200 dari 4.500 anggota Partai Golkar di DPD II Partai Golkar Kabupaten Tangerang disiapkan untuk mengikuti Verifikasi Faktual (Verfak). Satu peserta anggota Partai Golkar yang merupakan perwakilan dari tiap-tiap Pengurus Kecamatan (PK) tersebut memperlihatkan kartu anggota Golkar serta KTP.

Ketua KPU Kabupaten Tangerang Ahmad Jamaludin menjelaskan, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum maka setiap partai baik di tingkat pusat hingga daerah wajib mengikuti verifikasi faktual. "Hal ini sebagai syarat agar partai tersebut bisa mengikuti pemilihan legislatif (Pileg) yang akan digelar pada 2019 nanti," ujarnya.

 

Baca Juga : Pilkada Lebak, Paslon Perseorangan Diverifikasi KPU

 

Pria yang akrab disapa Cecep ini menjelaskan adapun verifikasi faktual yang dilakukan KPU terdiri dari empat hal. Yakni struktur kepengurusan yang sah, domisili kantor partai, kepersertaan perempuan dalam partai serta verifikasi anggota partai.

Cecep menjelaskan untuk Pileg 2019 nanti, KPU Kabupaten Tangerang melakukan verifikasi terhadap 14 parpol. Verifikasi tersebut dilakukan selama tiga hari yakni mulai Selasa 30 Januari hingga 1 Februari 2018 "Agar bisa sesuai jadwal maka kami bagi seluruh anggota KPU untuk melakukan verifikasi faktual," jelasnya.

Sementara Ketua DPD II Golkar Kabupaten Tangerang A. Zaki Iskandar meyakini partainya bisa lolos dari verfak yang dilakukan KPU Kabupaten Tangerang. Menurut Zaki selain telah memiliki lahan dan gedung kantor yang tetap, struktur kepengurusan serta jumlah anggota pun memeuhi syarat yang ditetapkan KPU. “Kami yakin bisa lolos, bahkan jika dibutuhkan kami siapkan 4.500 kader Golkar kami untuk hadir disini untuk mengikuti verifikasi faktual,” jelas Zaki.

 

 

Go to top