Print this page

Saham Kepemilikan PSG Didominasi QIA

Saham Kepemilikan PSG Didominasi QIA

detaktangsel.com - PARIS, Paris Saint  Germain Football Club atau dikenal luas dengan sebutan PSG. Klub ini merupakan sebuah tim sepakbola Prancis yang bermain di Ligue 1. Bermarkas di Kota 'Mode' Paris.

Semula bernama Stade Saint Germain dan  berdiri pada  1904. Baru pada Agustus 1970 klub berubah nama menjadi Paris Saint Germain, setelah Paris FC dan Stade Saint Germain memutuskan untuk melakukan merger.
Tahun pertama PSG ikut  kompetisi sepakbola Prancis dimulai di dua. Baru di tahun kedua, PSG  naik tahta ke divisi satu/utama, meski akhirnya kembali terdegradasi di akhir musim.

Setelah mengalami segudang masalah, PSG akhirnya memulai era keemasannya di tangan Francois Borelli. Di mana dia menjabat sebagai chairman. Dua gelar Piala Prancis dan satu titel Ligue 1 berhasil disabet tim di bawah kepemimpinannya.
Sejak itu, PSG belum pernah lagi mencapai puncak kejayaan mereka. Banyak skandal di alami dan klub juga kerap terlilit utang. Meski demikian, PSG masih bisa melanjutkan performa mereka untuk bertahan di divisi utama hingga saat ini.
PSG  memiliki beberapa prestasi di kompetisi domestik. Antara lain, 2 kali juara Ligue 1 (1986, 1994), 8 kali juara Piala Prancis (1982, 1983, 1993, 1995, 1998, 2004, 2006, 2010), 3 kali Piala Liga (1995, 1998, 2008), dan 2 kali juara Piala Super Prancis (1995, 1998). Sedangkan di kancah eropa, PSG pernah meraih 1 kali juara Piala Winners (1996), serta 1 kali juara Piala Intertoto (2001).
Saat ini, PSG  telah menjadi salah satu klub kaya dunia saat Qatar Investment Authority atau QIA yang diketuai Nasser Al-Khelaifi membeli 70% saham klub asal kota Paris tersebut.
Al khelaifi pernah menjabat sebagai Presiden kehormatan Federasi Tennis Qatar serta Federasi Tennis Asia. Al-Khelaifi menduduki jabatan Presiden klub sejak Oktober 2011 silam.  Demi membangun kerajaan baru di Liga Prancis dan kompetisi eropa, Al-Khelaifi mendatangkan sejumlah jajaran direksi ternama, antara lain Leonardo sebagai dewan penasihat klub, dan Carlo Ancelotti (hengkang ke Real Madrid) sebagai pelatih.
Pemilik PSG  Nasser Al-Khelaifi juga sudah menggelontorkan dana dalam jumlah yang tak sedikit untuk memperkuat PSG musim ini. Mereka sudah mendatangkan Zlatan Ibrahimovic, Tiago Silva, Javier Pastore, Jeremy Menez, Thiago Motta, serta Alex dari Chelsea. (ded)