Dindikbud Banten Tata Museum Negeri Banten Secara Digital

detakbanten.com ADVERTORIAL - Banyaknya sejarah di Provinsi Banten, dari harta peninggalan zaman megalitikum, Kesultanan Banten hingga era kolonial belanda.

Untuk itu Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pendididkan dan Kebudayaan (Dindikbud) museum negeri kini ditata secara digital

Diketahui, Provinsi Banten adalah salah satu daerah yang memiliki kekayaan sejarah yang tak ternilai harganya, berbagai macam peninggalan masa lalu sejak zaman megalitik hingga kolonial banyak bertebaran di seluruh wilayah.

Museum Negeri Banten adalah salah satu tempat yang dibangun untuk menyimpan koleksi benda-benda bernilai sejarah ini. Harta-harta sejarah harus dilestarikan untuk masyarakat.

Tidak hanya peninggalan sejarah zaman kesultanan, Banten juga dianugerahi peninggalan sejarah masa Hindu Budha dan animisme.

Untuk menjaga benda-benda peninggalan masa lalu tersebut, Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banten terus membenahi museum termpat disimpannya harta kekayaan yang tidak ternilai harganya itu.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan pada Dindikbud Provinsi Banten Ujang Rapiudin mengatakan, Museum Negeri Banten kini tengah dibenahi dan ditata ulang agar lebih nyaman dan bernilai edukasi tinggi.

Selain penambahan koleksi, Museum Negeri Banten juga akan dikembangkan menjadi salah satu museum dengan konsep digital.

Konsep digital yang akan dikembangkan lebih ditekankan kepada visualisasi benda kepurbakalaan dan situs-situs cagar budaya yang ada di Provinsi Banten.

“Karena situs-situs ini sangat luas sekali dan itu tidak bisa kita simpan dimuseumkan makanya kita akan buat digital,” ucapnya.

Museum Negeri Banten dibangun di eks bekas bangunan Pendopo Gubernur Banten pada 2013 silam. Tujuan dari pendirian museum ini adalah sebagai wahana edukasi bagi masyarakat Banten untuk mempelajari sejarah dan kebudayaan yang dimiliki Provinsi Banten.

Menurut Ujang, Museum Banten kedepannya akan lebih dimaksimalkan fungsi, tata letak dan koleksinya, selain itu juga berbagai fasilitas pendukung lain juga tengah dipersiapkan Pemerintah Provinsi Banten.

“Sekarang kita sedang melakukan rehabilitasi dan penataan bangunan Museum Negeri Banten di beberapa bagian, sebentar lagi rampung,” pungkasnya. (ADV)

« December 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31            
Go to top