Humas Kota Tangerang Juara Dua Nasional

Humas Kota Tangerang Juara Dua Nasional

Detakbanten.com KOTA TANGERANG-Pemkot Tangerang dapat prestasi di ajang tahunan insan kehumasan nasional, Anugerah Media Humas (AMH) 2017.

Kali ini, pengelolaan media sosial (Medsos) Kota Tangerang diapresiasi di urutan  kedua kategori provinsi/ kabupaten/ kota, bersama dengan Siaran Pers Humas tentang Festival Cisadane yang masuk enam besar perhelatan yang diadakan oleh Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah (BAKOHUMAS) Kementerian Kominfo RI.

Penghargaan yang diterima oleh Sekretaris Dinas Kominfo, Syamsul Bahri di Ballroom Novotel Palembang Kamis malam (23/11/2017), merupakan kali kedua keikutsertaan Pemkot setelah tahun lalu menyandang Laporan Kinerja Humas Terbaik Nasional.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Kota Tangerang Felix Mulyawan menyampaikan peraihan penghargaan AMH ini tidak lepas dari kerja sama yang baik antara Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah dengan Dinas Kominfo Kota Tangerang.

"Tugas kehumasan dan pelayanan informasi kepada masyarakat di Pemkot Tangerang menjadi tanggung jawab dua SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yaitu Bagian Humas di Sekretariat daerah dan Dinas Kominfo. AMH ini buah dari sinergitas dalam pelaksanaan tugas fungsi dua SKPD ini", ujarnya.

Baca Juga : MTQ ke XIX Tingkat Kota Tangerang Resmi Dibuka

Terpilihnya Pemkot Tangerang sebagai salah satu yang terbaik dalam pengelolaan media sosial di Indonesia tentunya bukan tanpa alasan. Ketua dewan juri kategori ini, Nukman Luthfie, pakar dan pemerhati sosial media, menilai dalam pengelolaan sosial media Pemkot Tangerang telah memenuhi beberapa kriteria yang telah ditetapkan antara lain dilihat dari jumlah followers, etika dan estetika dalam pengemasan pesan yang didampaikan, kesesuaian konten dengan tema yang telah ditentukan oleh panitia dan report analytic interaksi media sosial tersebut.

"Sejauh ini, dari seluruh entry kategori media sosial, ada beberapa akun pemerintah (kementerian/ lembaga/ instansi/ pemda) yang sudah dapat mengelola dengan baik dan ada yang jauh dari optimal," papar Luthfie.

Pengelolaan media sosial pemerintah memang harus juga mengikuti perkembangan zaman dengan terus menyesuaikan dan memperhatikan target audience-nya. Sehingga pemanfaatan medsos dapat mendukung dan menjadi salah satu alat komunikasi yang efektif untuk menyampaikan informasi pembangunan kepada masyarakat luas.

AMH merupakan even tahunan para praktisi kehumasan yang berasal dari Instansi Pemerintah (Kementerian/ Lembaga/ Instansi/ Daerah) BUMN dan BUMD se-Indonesia dan merupakan puncak penyelenggaraan Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SIAK) 2017 yang diselenggarakan dari tanggal 22 - 24 November di Palembang, Sumatra Selatan.

Untuk kategori AMH yang dilombakan tahun ini adalah Siaran Pers, Media Cetak Internal, Website dan Media Sosial. Pada kategori medsos Pemerintah Provinsi/ Kab. Kota, Kota Tangerang mengungguli Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Timur, Kota Bandung dan Kota Tasikmalaya di urutan ke-3. Urutan pertama pengelolaan medsos diraih oleh Kota Surabaya

Baca Juga : Perkembangan Investasi di Kota Tangerang Selatan

 

 

 

Go to top