APBD-P Kota Tangerang Tahun 2017 Naik 10 Persen

Paripurna APBD Perubahan Kota Tangerang 2017. Paripurna APBD Perubahan Kota Tangerang 2017. Istimewa

detakbanten.com KOTA TANGERANG-Pemkot besama DPRD Kota Tangerang menyetujui kenaikan APBD Perubahan tahun 2017 sebesar 10 persen. Ini diketahui setelah rapat Paripurna DPRD Kota Tangerang dalam rangka pengambilan keputusan mengenai penetapan Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2017 pada Jumat, (8/9/2017).

"Hari ini kita sudah menetapkan APBD Perubahan 2017, yang perlu digaris bawahi, bahwa APBD Kota Tangerang di perubahan ini naik 10 % dari murni 2017, itu yang sudah ditetapkan dan sudah dijalankan," kata Ketua DPRD Kota Tangerang Suparmi pada Sabtu, (9/9/2017).

Suparmi melanjutkan, sehingga belanja APBD 2017 mencapai hampir Rp4,5 triliun dengan jumlah PAD sebesar Rp1,6 triliun. Dengan komposisi Belanja Langsung 70 persen, 30 persen Belanja Tak Langsung.

Kenaikan itu, sambung Suparmi belanja APBD 2017 hampir mencapai Rp4,5 trilyun dengan jumlah PAD Rp1,6 Trilyun. Belanja langsung dan tidak langsung dengan asumsi 70 % belanja lansung, 30 % belanja tidak langsung. Menurutnya, hal tersebut sudah cukup Ideal, karena belanja langsungnya adalah modal yang walaupun di dalamnya ada juga untuk belanja pegawa dan sudah cukup Ideal.

Dirinya menambahkan salah satu masukan tersebut yaitu terkait penarikan retribusi Kota yang masih belum maksimal, sehingga menjadi bahan untuk penyusunan APBD 2018 ke depan, kedua terkait dengan dana CSR yang kita sudah punya Perda dan punya wadahnya. Sehingga CSR bisa di manfaatkan oleh masyarakat Kota khususnya masyarakat tidak mampu.

Dan terkait aset di Kota Tangerang Dirinya merekomendasikan, bahwa aset Kota Tangerang belum tertata dengan baik, sehingga banyak polemik di lapangan, salah satunya adalah, masalah Pasar Lembang, Ciledug yang masih belum jelas.

"Walaupun kita belum punya data lengkap, menurut informasi lahan pasar tersebut sudah dibeli Pemkot Tangerang, dan akan diperuntukkan RTH dan sekolah. Nanti kita akan dorong pemkot untuk dibangun pasar yang dikelola oleh PD Pasar. Sehingga kedepan bisa menghasilkan PAD," tandasnya.

 

 

Go to top