Tiga Pejabat Eselon II Ambil Formulir Pendaftaran Sekda

Tiga Pejabat Eselon II Ambil Formulir Pendaftaran Sekda

detakbanten.com KAB. TANGERANG - Tiga pejabat eselon II di lingkup Pemkab Tangerang telah mengambil formulir bakal calon sekretaris daerah (Sekda). Namun, belum diketahui nama pejabat yang sudah mengambil formulir.

Kepala Badan Kepegawaian, Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tangerang Surya Wijaya memastikan sudah tiga formulir yang diambil. Namun, ia tidak bisa memastikan siapa saja pejabat dimaksud.

Sebab, pengambilan formulir dilakukan bukan oleh pejabat bersangkutan melainkan melalui staf. Pengambil formulir juga tidak diwajibkan menyebutkan identitas pejabat yang akan mengisi formulir seleksi calon sekda tersebut.

"Jadi nanti baru diketahui nama-namanya setelah mereka mengembalikan formulir. Artinya, melalui formulir itu mereka menyampaikan minat untuk mengikuti seleksi, dan sekaligus mengisi biodata mereka," kata Surya.

Menurut Surya, sesuai pengumuman seleksi calon sekda, tidak diwajibkan bagi pengambil formulir menyertakan asal instansi termasuk nama pejabat yang mengutus stafnya. Sehingga, meskipun sudah tiga formulir yang diambil, namun belum bisa diketahui nama-nama yang berminat mengikuti seleksi calon sekda.

"Nama pejabat-pejabat yang akan ikut seleksi itu baru bisa diketahui setelah mereka mengembalikan formulir, sebagai tanda minat ikut seleksi," tambahnya.

Selain seleksi administrasi dan kapabilitas, sambung Surya, nantinya para calon peserta akan diuji oleh tim panitia seleksi (Pansel) melalui tes wawancara. Bukan hanya dari pengetahuan umum, melainkan juga isu-isu sensitif termasuk menerjemahkan visi misi kepala daerah. Kecakapan saja tidak cukup, tim pansel juga akan melihat rekam jejak para peserta yang ikut. "Seleksinya memang ketat, karena ini yang terpilih adalah yang terbaik," jelasnya.

Surya menjelaskan, seleksi berjalan sesuai dengan rencana hingga optimistis jabatan sekda selesai sebelum Lebaran. "Kita berharap para pejabat yang ikut merupakan sosok yang mampu menunjukkan kualitas terbaik mereka," paparnya.

Dikonfirmasi terpisah, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kersa Heri Heryanto yang digadang-gadang akan maju dalam lelang terbuka calon sekda mengaku belum mengambil formulir seleksi. Heri memilih menunggu perintah dari pimpinannya dalam hal ini Bupati A Zaki Iskandar. "Belum (ambil formulir-red). Saya masih menunggu arahan dari pimpinan. Kalau disuruh maju ya maju, tergantung instruksi pimpinan saja," katanya.

Diketahui, sejumlah nama-nama calon Sekda Kabupaten Tangerang bermunculan seperti Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Rudi Maesal, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) H.M Arsyad Husein, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Heri Heryanto dan Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Slamet Budi Mulyanto.

 

 

Go to top