Print this page

Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Buat Taman Baca

Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Buat Taman Baca

detakbanten.com Tangerang- Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, buatkan taman baca di desa cikuya, kecamatan solear, kabupaten tangerang Banten. Pembuatan taman baca desa ini dilakukan oleh sejumlah mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

 

Selain menjadi program jangka panjang mahasiswa, program pembuatan taman baca ini juga,mendapatkan penilaian positif dari masyarakat setempat. Ketua Pelaksana pembuatan taman baca, Deni Iskandar dalam sambutannya menuturkan, pembuatan taman baca ini, dilakukan sebagai upaya mahasiswa dalam mendorong semangat membaca masyarakat terutama masyarakat desa cikuya.

"Kami berharap dengan dibuatnya taman baca ini, bisa membantu masyarakat, terutama masyarakat desa cikuya yang saat ini sedang belajar dibangku sekolah" ujar, Deni Iskandar, dalam sambutannya.
Ketua Bidang Keilmuan Himpunan Mahasiswa Banten (HMB) ini juga menjelaskan, saat ini angka buta huruf dan tingkat pendidikan masyarakat di kecamatan Solear Kabupaten Tangerang Banten masih sangatlah rendah.

"Kami berharap, dengan dibuatnya taman baca ini, dapat membantu masyarakat Desa, dan juga menjadi solusi untuk meretas angka buta hurup di kabupaten tangerang, terutama di desa cikuya, kecamatan solear" jelas Deni Iskandar.

Selain itu, mahasiswa juga menjelaskan temuan-temuannya selama menjalankan kuliah kerja nyata, berdasarkan hasil survei lapangan yang dilakukan oleh mahasiswa, di Kecamatan solear, tingkat pendidikan masyarakat masih sangat rendah dan masih tertinggal.

"Berdasarkan temuan kami, di Kabupaten Tangerang, terutama di Kecamatan Solear desa Cikuya, tingkat pendidikan masyarakat disini masih tergolong rendah". Jelas Deni.

Dari jumlah penduduk yang ada di desa cikuya, lanjut Deni, sedikit sekali masyarakat yang lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), hampir semuanya hanya lulus Sekolah Dasar (SD). "Lulusan SMA, sangatlah minim, bisa terhitung jari, padahal wajib belajar sembilan tahun sudah menjadi program pemerintah" lanjutnya.
Selain itu, Mahasiswa juga menilai, Rendahnya tingkat pendidikan di kabupaten tangerang ini, harus menjadi catatan penting bagi Pemerintah Daerah (Pemda), yang saat ini dipimpin oleh Zaki Iskandar.

Bupati Kabupaten Tangerang ini, dinilai lalai dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas, lebih jauh, mahasiswa juga meminta Pemda agar lebih serius membangun sumber daya manusia di kabupaten tangerang ini.

"Ini harus menjadi catatan serius bagi Pemda, bagaimana pun pendidikan adalah salah satu cara membangun sumber daya manusia yang berkualitas, dan pendidikan juga harus dirasakan oleh masyarakat kabupaten tangerang" tegas Deni Iskandar, yang akrab disapa Goler.

Acara Peresmian Taman Baca ini dihadiri oleh Karang Taruna Desa Cikuya, Ketua RT/RW, Badan Pengawas Desa (BPD), Kepala Rusun (Jaro), aparat Desa Cikuya, dan juga Masyarakat setempat.